Hasil Diskusi “Hari Pahlawan” bersama RRI Voice of Indonesia

  •   
  •   

Hari Pahlawan adalah hari paling bersejarah bagi Indonesia yang diperingati setiap tanggal 10 November setiap tahunnya untuk menghormati jasa-jasa para pahlawan nasional dan arek-arek Surabaya dalam Pertempuran berdarah Surabaya yang terjadi pada tahun 1945. Pertempuran revolusi yang berlangsung dari tanggal 27 Oktober sampai 20 November 1945 itu dianggap sebagai aksi heroik paling bersejarah karena pertempuran tersebut merupakan pertempuran dalam pembelaan mempertahankan kehormatan serta martabat Bangsa Indonesia sebagai bangsa yang telah memproklamirkan kemerdekaannya sejak tanggal 17 agustus 1945.

Untuk memperingati hari bersejarah tersebut, pada hari Senin (7/11/16), PPI Dunia menghadirkan Martino Anrifin dalam diskusi siaran RRI Voice of Indonesia mengenai Hari Pahlawan dalam Youth Forum.

“Pahlawan adalah seseorang yang memiliki keberanian dalam membela kebenaran,” terang Martino dalam Youth Forum. “Bagi saya, orang tua adalah pahlawan utama saya dan teman-teman yang mendukung saya sampai sekarang adalah pahlawan lain bagi saya,” jelas Mahasiswa S1 jurusan Teknik Kimia di UCSI University, Malaysia tersebut.

“Pada zaman dahulu, pahlawan dikenal sebagai para pejuang dalam peperangan melawan penjajah untuk mencapai kemerdekaan. Sedangkan, pada zaman sekarang, pahlawan dipandang sebagai pejuang dalam melawan kemiskinan dan korupsi,” lanjut Martino.

Menurut Martino, seluruh perjuangan harus dilakukan secara bersama-sama. Seperti para pahlawan, mereka tidak bisa bertindak sendiri, tetapi harus berjuang dalam bentuk kelompok. Pahlawan seperti Pangeran Diponegoro, Cut Nyak Dien, dan Bung Tomo, terus berupaya menggalang massa dalam pemberontakan melawan penjajah.

(Red: CA/Ed: Amir )

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *