All About Academic Campaign “Menembus Batas untuk Menggapai Untaian Mimpi”

  •   
  •   

Berbicara tentang cara meraih beasiswa banyak sekali tips dan trik yang dapat dipelajari bagi para mahasiswa, baik beasiswa dalam negeri maupun luar negeri. Namun bagaimana usaha seseorang untuk meraihnya adalah suatu hal yang harus diperhatikan jika sungguh-sungguh ingin menjadi salah satu bagian dari mahasiswa yang beruntung untuk berkesempatan meraih beasiswa. Sabtu, 7 Oktober 2017 BEM FEB UNS telah melangsungkan salah satu agenda dari rangkaian acara ECONOMIC WEEKS 2017 yang selalu dinanti-nanti para mahasiswa UNS yaitu sebuah seminar yang menghadirkan para peraih beasiswa yang mengisnpirasi. All About Academic Campaign adalah salah satu program kerja Kementrian Dalam Negeri yang bertujuan mengedukasi dan memberikan informasi seputar dunia beasiswa. Seminar Beasiswa ini diselenggarakan di Aula FEB UNS yang juga turut dihadiri jajaran dekanat FEB UNS.

 

Seminar beasiswa kali ini mengusung tema “Menembus Batas untuk Menggapai Untaian Mimpi” yang mengupas tentang bagaimana sebagai seorang mahasiswa mengoptimalkan usaha mereka untuk menembus batas nyaman demi mencapai cita-cita sukses meraih beasiswa. Para peraih beasiswa yang diundang dalam seminar beasiswa ini adalah Muhammad Abdullah ‘Azzam ( Mawapress FEB UNS 2016, peraih Beasiswa Aktivis Nusatara Dompet Dhuafa, Beasiswa PPA, dan peraih Beasiswa Unggulan Supersemar), Putu Gede Oka Mahendra ( Mawapres FK 2014, penerima beasiswa PPA, dan Beasiswa EGC), dan M Imdad Azizy (Secretary General PPMI Mesir 2016 dan Leader of Symposium International PPI Dunia 2016) dengan dipandu oleh seorang moderator yang pernah menjabat sebagai Presiden BEM FEB UNS tahun 2015 yaitu Christina Indrawati, S.E.

 

Dalam rangkaian acara seminar beasiswa ini Muhammad Abdullah ‘Azzam menjelaskan bahwa jika ingin menjadi mahasiswa yang terbaik, harus menjadi kartu AS dengan arti harus memiliki IPK tinggi, aktif di berbagai kegiatan dan dapat diandalkan sehingga lebih mudah berusaha meraih beasiswa. Tak lupa para pembicara memaparkan berkas-berkas apa saja yang harus dipersiapkan para pemburu beasiswa untuk memenuhi persyaratan administrasi pengajuan beasiswa. Mereka juga mengingkatkan bahwa motivasi sangat diperlukan dalam meraih beasiswa. Putu Gede Oka Mahendra menjabarkan tentang pentingnya memiliki motivasi untuk mewujudkan segala mimpi yang selalu kita angan-angankan. Selain itu Imdad Aziz juga turut memberikan tips sukses meraih beasiswa luar negeri yaitu dengan mengubah mindset, traveling, dan memupuk nasionalisme. Karena jika beruntung mendapatkan beasiswa ke luar negeri maka kita akan dihadapkan pada atmosfer kehidupan yang berbeda dengan nagara asal kita. Maka dari itu memupuk rasa nasionalisme juga penting.

 

Seiring berjalannya seminar beasiswa turut dihadirkan pula stand-stand beasiswa yang dapat dikunjungi peserta seminar untuk mengetahui lebih lanjut tentang beasiswa yang dapat diikuti selama di perguruan tinggi dengan menghadirkan stand beasiswa Bank Indonesia, Beswan Djarum, Lazis, Bakti Nusa, dan PPI. Sampai berakhirnya acara seminar beasiswa kali ini, antusisame peserta sangat tinggi tampak dari berbagai pertanyaan yang diajukan dan euforia peserta seminar mengunjungi stand-stand beasiswa yang berdiri di halaman Aula FEB UNS. Dengan hadirnya All About Academic Campaign ini diharapkan mampu memberikan ilmu mengenai beasiswa beasiswa yang dapat diraih oleh mahasiswa UNS untuk menggapai cita-citanya.

 

Penulis: tim felari@ppidunia.org

Editor: Kartika Restu Susilo

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *