Indonesian Week 2017 Mengguncang Taiwan Selatan

  •   
  •   

Indonesia itu bangsa yang besar, banyak kebudayaan dan juga hal-hal menarik yang dapat dieksplorasi serta diperkenalkan kepada dunia. Jadi adakah alasan untuk berhenti bangga menjadi Indonesia?

Pagi ini (09/12) publik Taiwan kembali dimanjakan oleh sajian budaya Indonesia. Bertempat di National Sun Yat Sen University (NSYSU) Kaohsiung, Perhimpunan Pelajar Indonesia menggelar event terbesarnya di kepengurusan 2017/2018 yang bertajuk INDONESIAN WEEK 2017 “DIVERSITY IS OUR STRENGTH”.

“Kami sangat senang, pelajar Indonesia yang ada di Taiwan sangat aktif dalam menggencarkan upaya promosi kebudayaan Indonesia lewat acara-acara semacam ini. Dan sungguh, kami – Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei – bangga ketika melihat insan-insan muda yang telah memilih untuk jauh-jauh meninggalkan tanah air untuk menuntut ilmu, tapi masih rela meluangkan waktu untuk menjadi pioneer dalam pengenalan budaya dan pariwisata Indonesia di kancah dunia,” ujar Siswadi, Wakil Kepala KDEI di Taipei saat pidato pembukaan acara.

Para tamu undangan beserta ketua PPI Taiwan memainkan melodi angklung saat pembukaan Indonesian Week 2017 oleh PPI Taiwan

Salah satu keunikan dari Indonesian Week 2017 ini ada di letak pelaksanaannya. Seperti yang disampaikan oleh Ketua PPI Taiwan, L. Tri Wijaya N. Kusuma, saat membuka Indonesian Week 2017 bahwa pada kepengurusan ini PPI Taiwan berusaha menjalankan semboyan yang dijiwai dari sila ke-5 Pancasila, yaitu “Keadilan Sosial bagi seluruh Rakyat PPI Taiwan”. Yang bermakna bahwa sudah saatnya kegiatan-kegiatan dan poros-poros pergerakan mahasiswa di Taiwan tidak hanya terpusat pada wilayah utara (Taipei, Taoyuan, dan sekitarnya) saja, melainkan harus ada upaya untuk memeratakan perhatian PPI Taiwan ke seluruh wilayah yang dinaunginya.

“Itulah alasan utama mengapa kami menggeser pelaksanaan event terbesar kami kali ini ke Kaohsiung,” imbuh L. Tri Wijaya N. Kusuma.

Lewat kerjasama dan hubungan komunikasi harmonis dengan PPI Kaohsiung yang diketuai oleh Angger Baskoro, PPI Taiwan berhasil menempatkan lokasi acara ini di sebuah kampus indah dengan pemandangan tak biasa berlatarkan gunung, serta berbatasan langsung dengan laut, NSYSU.

Makanan ringan (camilan) tradisional pun tak luput dari sasaran para pengunjung booth Indonesian Week 2017

Banyak sekali sponsor yang turut meramaikan acara ini, diantaranya adalah Kementerian Pariwisata lewat tagline Wonderful Indonesia-nya yang diwakili oleh kehadiran ibu Soufie dan ibu Nining, Indomie (Indofood), Bank Rakyat Indonesia, Bank Negara Indonesia, INDEX, Telkom Indonesia di Taiwan, dan masih banyak lagi. Tak lupa PPI Taiwan juga menggandeng Radio PPI Dunia, Garuda Formosa TV, dan Radio Taiwan International, sebagai media partner resmi dalam acara Indonesian Week kali ini.

Pemberian souvenir Wonderful Indonesia kepada pengunjung booth

“Hari pertama dibuka dengan pengadaan booth pameran dan kuliner khas Indonesia, yang terbagi atas beberapa kategori pulau-pulau besar seperti Sumatera, Celebes, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan, Papua, dsb,” kata Julian Fikri, ketua panitia Indonesian Week 2017.

Tak hanya itu, bahkan hari pertama ini ternyata juga diramaikan dengan perlombaan dan pengadaan space untuk permainan tradisional dan penampilan melodi dari angklung sebagai awalan. Yang gong besarnya akan ditabuh pada keesokan harinya (10/12) yaitu dengan penampilan-penampilan sendra tari, choir lagu-lagu tradisional, serta permainan alat musik tradisional khas Indonesia di atas panggung auditorium NSYSU.

Nah bagaimana, menarik bukan? Karena sebagai bangsa yang besar tak bisa hanya mengandalkan label kebesaran saja untuk dijadikan tameng identitas, melainkan juga perlu adanya upaya serius untuk mempertahankan kebesaran yang dimiliki. Salah satunya adalah dengan pengenalan kebudayaan dan potensi pariwisata yang dimiliki. Dan para pelajar di Taiwan telah membuktikan upaya konkret mereka dalam hal ini.

 

Oleh: Rahmandhika Firdauzha Hary Hernandha

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *