Winter is Coming! Berkunjung ke Northern Ireland – Surga Penggemar Game of Thrones

  •   
  •   

Follow the three-eyed raven through Northern Ireland, where crumbling castles and ancient landscapes become key Seven Kingdoms filming locations in Game of Thrones. (ireland.com)

Untuk penggila serial Game of Thrones, Irlandia Utara akan menjadi salah satu ultimate bucket list for traveling destination. Bagaimana tidak? Sembilan puluh persen lokasi syuting GoT ada di negara ini. Tempat iconic seperti Winterfell, Riverrun, Iron island atau King’s Road yang hanya ada dalam cerita bisa dikunjungi dan kita bandingkan langsung. Sebagian besar filming GoT dilakukan di Studio Paint Hall – Belfast – Northern Ireland. Di sinilah set interior untuk beberapa lokasi seperti Red Keep, The Iron Throne atau Great Sept of Baelor dan lainnya digarap secara epik sehingga tampak megah seperti yang kita lihat dalam series. Selain itu, Belfast mempunyai pemandangan alam khas Irlandia yang luar biasa bagus. Tak heran hampir semua latar alam di series GoT berada di sini.

Berfoto ala Stark Family

Awalnya, author George Martin memilih Scotland – Edinburgh sebagai lokasi utama GoT, namun ketika itu pemerintah Edinburgh menolak dan meremehkan rencana sang penulis. Alhasil, tim memilih Irlandia Utara dikarenakan kemiripan alam yang dimiliki oleh Scotland, serta banyaknya spot peninggalan bersejarah yang cocok untuk penggambilan gambar dalam cerita. Kesuksesan Game of Thrones membawa Irlandia Utara menjadi salah satu negara dengan industri perfilman yang termaju di dunia dengan jumlah investasi sebanyak 110,7 juta poundsterling. Game of Thrones juga sukses menghidupkan sektor pariwisata Northern Ireland khususnya Belfast yang saat ini menjadi tujuan wisata dunia.

George Martin berhasil membuat Game of Thrones begitu hidup termasuk bagaimana ia menggambarkan pentingnya lokasi dan teritori dalam alur cerita GoT. Karena hal ini, penggemar sejati GoT akan merasakan excitement dan goosebumps ketika menginjakkan kaki di beberapa lokasi karena akan terbayang semua scene yang terjadi disana. Sebagai contoh, Tolleymore Forest Park Belfast yang merupakan The Haunted Forest dimana White Walkers pertama kali muncul di Season 1 akan memunculkan suasana angker dan mencekam. Beberapa latar hutan dalam GoT diambil di sini termasuk ditemukannya Baby Direwolves oleh Keluarga Stark. Sedikit ke utara Belfast, terdapat jalan dengan barisan Pohon Unik menyerupai tunnel panjang – The Dark Hedges yang merupakan lokasi King’s Road yang legendaris. Latar untuk Iron Islands – House of Greyjoy diambil di Murlogh Bay, Propinsi Antrim, menunjukkan pesisir pantai berbatu yang terisolir, persis seperti di dalam cerita. Atau jika ada yang ingat scene dimana Lady Melisandre melahirkan Shadow Baby di dalam sebuah gua, tempat itu juga nyata, tepatnya di daerah Cushendun, tidak jauh dari The Dark Hedges.

Tolleymore Forest Park Belfast yang merupakan The Haunted Forest

 

Which Stark Family member are you?

Training memanah ala Brandon Stark

GoT lovers, belum afdol ke Northern Ireland kalau belum ke Winterfell.  Lokasi ini dapat dijangkau hanya dengan 75 menit menggunakan mobil ke arah selatan Belfast dan merupakan atraksi utama kota Belfast. Meskipun sebagai besar gambar yang kita lihat di dalam series merupakan hasil komputerisasi (begitupun lokasi filming yang lain), hal ini tidak mengurangi excitement para turis ketika menginjakkan kaki di tempat ini. Kastil tua dengan pintu gerbang yang besar serta menara pengintai musuh yang tinggi secara tidak langsung membuat turis sepakat bahwa lokasi ini sangat tepat untuk merepresentasikan The North, tempat Stark Family tinggal. Castle Ward-Winterfell Tours ini dikelola dengan sangat menarik. Turis akan diberikan kesempatan menggunakan kostum Ksatria Castle Black dan diberikan training memanah layaknya Brandon Stark di Season 1. Castle Ward yang merupakan lokasi Winterfell ini memiliki kawasan yang luas dan beberapa area di sekitarnya juga dimanfaatkan sebagai lokasi pengambilan adegan-adegan penting seperti, pernikahan rahasia Rob Stark, pemberontakan Theon Greyjoy, sambutan kedatangan Robert Baratheon, The Twins (Red Wedding), dan lain sebagainya. Bagi yang hobi bersepeda, pengelola menyiadakan Bicycle Tour untuk mengeksplorasi semua lokasi di sekitar Castle Ward. Cukup membuat excited bukan?

Pemerintah Belfast memanfaatkan GoT dengan serius dan menggarap industri pariwisatanya sedemikian rupa. Banyaknya pilihan paket wisata yang bisa disesuaikan dengan budget dan berbagai preferesi lainnya seperti menggunakan bus ataupun kendaraan lain untuk akses transportasi ke lokasi akan sangat memudahkan turis. Untuk informasi paket wisata tersebut bisa didapatkan via online dengan melakukan searching di Google atau bahkan bisa datang langsung ke Belfast’s Tourism Center di City Center Belfast untuk memesan paket yang diinginkan. Kisaran harga untuk paket tour GoT adalah 30 hingga 50 poundsterling, tergantung jumlah tempat yang dikunjungi dan fasilitas perjalanan. Trust me, it’s really worth your money! Biasanya, paket tour GoT di-bundle dengan destinasi wisata lain khas Irlandia Utara. Well, sebenarnya tempat-tempat tersebut masih ada kaitannya dengan GoT karena beberapa adegan juga diambil disana. Bahkan dalam perjalanan, pemandu wisata akan memberikan informasi ketika bus akan melewati tempat- tertentu terkait lokasi syuting GoT. Ketika di lokasi, tak lupa tour guide tersebut menayangkan video cuplikan adegan dalam GoT supaya turis dapat mengingat kembali kejadian – kejadian di dalam cerita untuk memunculkan imajinasi terhadap lokasi yang sedang di kunjungi.

Bagi yang ingin berpergian secara mandiri tanpa menggunakan jasa tur, informasi mengenai lokasi perfilman maupun objek wisata yang lain sudah banyak tersedia. Hanya modal googling saja, itinerary 2-3 hari bisa langsung dibuat. Bagi traveler mandiri, untuk explorasi yang maksimal, disarankan untuk menyewa mobil karena beberapa lokasi tidak terjamah transportasi umum. Informasi mengenai rental mobil bisa didapatkan via online dengan harga 20-50 poundsterling/hari, sangat cocok untuk yang ingin berpergian secara grup beranggotakan 4-5 orang. Penyedia rental juga menyediakan meeting point di airport sehingga traveler yang baru tiba di bandara bisa langsung bertamasya ria.

Carick-a-Rede Rope Bridge

Bukan penggemar GoT? Tidak usah khawatir. Meskipun sebagian besar lokasi wisata erat kaitannya dengan GoT, alam Irlandia Utara sangatlah cantik untuk dinikmati. Masih banyak pilihan tur dengan destinasi unik seperti kunjungan ke pabrik bir terkenal Guinness, melihat isi kapal Titanic di Titanic Museum, memacu adrenalin dengan melewati dua pulau yang hanya dijembatani oleh susunan untaian tali (Carick-a-Rede Rope Bridge), atau ke Giant Causeway yang merupakan pantai dengan tatanan batu unik berbentuk heksagonal, hasil letusan gunung berapi di zaman purbakala. Lelah bertamasya mengunjungi tempat wisata alam, turis dapat menikmati suasana kota Belfast dengan mengelilingi city center yang pada Desember ini sedang ada Christmast Market, semacam ‘pasar kaget’ khas UK yang hanya ada dibulan November hingga Januari. Penginapan di Belfast cukup terjangkau asalkan booking jauh-jauh hari. Portal seperti booking.com, hostelworld.com atau airbnb.com dapat memberikan banyak pilihan dalam akomodasi. Transportasi dalam kota juga sangat mendukung. Turist dapat membeli one-day bus pass seharga 6,50 poundsterling walaupun sebenarnya tidak begitu diperlukan karena atraksi di dalam city center adalah within walking distance. Mencari tempat makan halal juga cukup mudah. Salah satu contohnya adalah Chopstix yang berada persis di kawasan city center atau beberapa restoran lain yang bertemakan Timur Tengah atau India.

Giant Causeaway

So, bagi pecinta series Game of Thrones yang ingin menginjakkan kaki di Westeros, datanglah ke Northern Ireland dan rasakan ambience Seven Kingdoms yang sebenarnya. Winter is Coming!!!!

 

Profil Penulis:

Krishna Nawacandra adalah mahasiswa program MSc of Engineering, Technology, and Business Management di University of Leeds yang juga merupakan anggota PPI Leeds. Krishna bisa disapa di Instagramnya @krishnanono.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *