Berkunjung ke Lapland: Desa Cantik Rumah Sang Sinterklas

  •   
  •   

Tidak lengkap rasanya apabila mengujungi Finland tanpa singgah di Lapland. Bagian paling utara ini berbatasan langsung dengan Lapland di bagian Swedia, Norwegia, dan Rusia. Lapland yang dikenal sebagai destinasi musim dingin ini berada di lingkar artik dan memiliki lingkungan dan vegetasi yang berbeda dari Finland bagian selatan. Lapland juga dikenal sebagai tempat tinggal orang asli Eropa yang sering disebut sebagai orang Sami. Lapland juga menjadi tempat favorit untuk berburu aurora borealis dan menikmati midnight sun di mana matahari tidak tenggelam selama 24 jam ketika musim panas berlangsung.

Untuk mencapai Lapland, biasanya mereka akan tiba di Rovaniemi. Sebagai ibukota dari provinsi Lapland, Rovaniemi biasanya dijadikan pusat transit dari daerah lain ke Lapland dan menuju berbagai tempat di Lapland. Rovaniemi cocok dijadikan sebagai tempat pembekalan dan penyesuaian kondisi tubuh sebelum mengunjungi tempat lainnya yang kadang-kadang dapat mencapai minus 30 celcius di musim dingin. Meskipun fasilitas dan infrastruktur di kota Rovaniemi cukup minim dibandingkan dengan kota lain di bagian selatan Finlandia, tetapi kota ini merupakan kota yang paling siap untuk menghadapi cuaca di artik.

Rovaniemi memiliki berbagai variasi akomodasi seperti hostel, hotel, kabin, dan igloo hotel yang biasanya menggunakan tema natal atau artik sebagai nama hotelnya. Kisaran harga sekitar 70 – 1100 euro per malam berdasarkan akomodasi yang diinginkan. Bulan Desember adalah bulan paling penuh di Rovaniemi dimana hampir semua akomodasi terisi penuh dan banyak turis yang harus tinggal di kota terdekat seperti Kemi dan Kemijärvi. Untuk kuliner, Rovaniemi memiliki cukup varian restoran internasional seperti Chinese, Western, Indian, Nepali, dan Finnish. Beberapa restoran juga menyediakan makanan khas Lapland seperti daging rusa kutub, dan ikan yang didapat dari laut sekitar artik. Harga cukup bervariasi dari 10 – 50 euro per porsi. Untuk penggemar fast-food, Rovaniemi memiliki McDonald dan Subway sebagai franchise internasional atau bisa juga mencoba franchise nasional milik Finlandia: Hesburger.

Rovaniemi juga memiliki beberapa atraksi wisata dan ikonik. Dinobatkan sebagai official town of Santa Claus, sangat disayangkan apabila tidak mengunjungi tempat di mana Sinterklas tinggal. Santa Claus Village terletak kurang lebih 8 km dari pusat kota ini merupakan destinasi favorit untuk merayakan Natal. Meskipun natal berasal dari agama secara sisi historis, natal di sini lebih identik dengan tradisi liburan keluarga di mana setiap anggota keluarga mendapat libur panjang dan berkumpul bersama keluarga. Pada hari Natal, banyak keluarga di Finland memulai hari dengan memasak Finnish Porridge dan sauna bersama keluarga. Beberapa keluarga juga memiliki tradisi untuk mengunjungi Desa Santa terutama keluarga muda yang memiliki anak.

Desa Santa terhubung dengan Santa Park yang terletak bersebelahan sehingga dapat dikunjungi sekaligus. Santa Park sendiri biasanya ditargetkan untuk keluarga karena memiliki berbagai macam atraksi interaktif untuk anak-anak dan membutuhkan tiket masuk. Kedua tempat tersebut memiliki Sinterklas yang berbeda sehingga ada berbagai versi cerita untuk anak-anak yang mengunjungi dua tempat tersebut dan bertanya mengapa Sinterklas terlihat berbeda. Salah satu cerita yang populer adalah terdapat lorong bawah tanah rahasia yang bahkan tidak diketahui oleh para elf, Sinterklas berlari sangat cepat di dalam lorong tersebut sehingga wajah mereka berubah dan baju mereka pun kotor sehingga harus diganti.

Selain bertemu dengan Sinterklas, Desa Santa memiliki pos surat kutub utara untuk mengirim kartu pos atau surat ke seluruh dunia yang memiliki cap pos khusus Sinterklas. Pos ini bisa disimpan dan dikirim untuk Natal berikutnya. Di sini juga terdapat garis putih penanda lingkar artik yang dapat digunakan untuk tempat berfoto sebagai penanda telah melewati lingkar artik. Toko oleh-oleh dan restoran juga disediakan dan untuk oleh-oleh sendiri harganya lebih murah dari toko oleh-oleh di Rovaniemi. Atraksi utama Desa Santa tentu saja Santa Claus’s Office di mana pengunjung dapat berbincang dan berfoto dengan Santa. Cek jam berkunjung sebelum mengunjungi tempat ini apabila ingin bertemu Sinterklas karena dia tidak selalu berada di kantornya.

Untuk mencapai Desa Santa, bus nomor 8 dapat digunakan dari Rovaniemi. Bus nomor 8 menaikkan dan menurunkan penumpang di tempat strategis seperti stasiun kereta, bandara, dan hotel. Selain itu beberapa bus juga memiliki desain khusus sehingga dapat dikenali dengan mudah. Akan lebih baik untuk selalu mengecek waktu keberangkatan sebelum menunggu karena setiap musim memiliki waktu yang berbeda. Bus sendiri akan berhenti tepat di Desa Santa sehingga tidak perlu berjalan atau mencari lagi. Desa Santa sendiri buka sepanjang tahun kecuali beberapa hari libur dan biasanya ramai pada bulan November – Januari. Untuk jam operasional dibuka setiap hari dengan jam yang berbeda sesuai dengan musim. Website Desa Santa menyediakan informasi mengenai hari libur dan jam operasional.

Informasi lebih lanjut: http://www.visitfinland.com/lapland/ Informasi mengenai Lapland

https://www.santaclausvillage.info/  Fasilitas Desa Santa

http://www.visitrovaniemi.fi/plan/getting-around/ Transportasi menuju Desa Santa dan Rovaniemi

https://santaparkarcticworld.com/santapark Santa Park

 

Alvincent,

Masters Program in Tourism Research, University of Lapland

Anggota PPI Finlandia

http://facebook.com/alvincent

 

Info Konsuler:

Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Republik Finlandia merangkap Republik Estonia

Kuusisaarentie 3 00340 Helsinki, Finlandia

Hotline: +358 40 3689846​​ (PF Protkons, Bapak Widya Airlangga)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *