New Year in Singapore: Perayaan Tahun Baru dengan Pesta Kembang Api Spektakuler

  •   
  •   

Perayaan Tahun baru 2018 di Singapura

New Year in Singapore merupakan kegiatan yang menyatukan semua orang yang sedang menetap atau bahkan hanya mengunjungi Singapura. Acara ini diadakan di Marina Bay Sands, dimana biasanya semua pengunjung membuat sekitaran Raffless Place, Marina Bay Sands, sampai Fullerton Hotel menjadi lautan manusia. Tahun baru menjadi salah satu acara yang menarik banyak peminat dari berbagai kalangan di Singapura, selain acara ulang tahun Singapura. Di acara tahun baruan, biasanya selalu dimeriahi beberapa artis lokal yang menyanyikan berbagai lagu hits di tahun tersebut. Lalu, akan ada hitung mundur dari 10 detik dari tahun yang akan digantikan dan diakhiri dengan kemeriahan berbagai jenis kembang api. Kembang apinya pun, percayalah, serupa dengan yang ada di Indonesia. Bunyinya pun duar. Ya sama. Kemudian, The Shoppes biasanya udah kayak pepes dari sore. Helix bridge, yang bertempatkan persis di samping The Shoppes, juga penuh dengan orang sedari sore. Jikalau boleh saran, jangan datang di atas jam 8 malam, deh. Nanti gak dapet tempat, atau cari yang tempat duduk berbayar.  Oh iya, jangan lupa bawa minum, bawa kartu atau mainan yang simple untuk membuang waktu menunggu. Biar gak suntuk gitu. Terakhir, jangan lupa makan malam dahulu, karena beli makan di food court The Shoppes itu ramai (dan mahal) banget.

Bila kalian masih jomblo atau lagi LDRan, coba dikondisikan, jangan terlalu ngenes sampai pergi merayakan sendiri. Ajak teman, jangan mantan. Tahun baru, jangan terlalu sibuk menyelam di masa lalu, yah.

Wefie di tengah lautan manusia

Sebagai pelajar di Singapura, biasanya kami berbondong-bondong pergi, membawa kartu remi. Tempat favorit kami adalah Helix Bridge, karena bisa duduk dan  main kartu sama-sama. Kami datang jam 7 malam, membawa minum sendiri, dan beberapa makanan ringan selain kartu. Oh iya, karena perayaan tahun baru terkadang sering dianggap acara penting bagi warga Singapura, maka dari itu kami mengikuti tradisi. Kami mencoba untuk berbusana lebih rapi. Ya, gak gembel-gembel amat lah.

Nah, kalau transportasi ini yang gokil. MRT di hari terakhir tahun, dan di hari awal tahun itu beroperasi lebih lama. Jumlah bis pun lebih banyak. Akan tetapi, bila belum terbiasa, bis mungkin bukan menjadi sarana transportasi karena agak ribet. MRT kita bisa turun di Marina South pier (Line merah).  Jadi darimana pun kalian nginep atau tinggal, tujuannya Marina South Pier, bukan Marina Bay ya ☺

Kalau hotel murah sih, saranku ya di dekat Bugis. Banyak banget. Hostel seperti BUNC hostel, adamson lodge, footprints dan lain-lain. Daerahnya hidup pula. Makanan halal ada makanan india. Dari yang murah sampai yang mahal seperti Zam-Zam pun ada.

Bila kalian menginap sedari tanggal 28 Desember, kalian bisa pergi mengelilingi Singapura. Dari berfoto ria di ikon Singapura, Merlion. Universal globe pun juga bisa kalian jadikan objek foto untuk DP baru. Jangan masuk tapi ya, ramai banget soalnya. Jangan lupa ke Orchard Road, itu kewajiban. Dan kalau kalian menginap di daerah Bugis, kalian bisa berbelanja di sekitar Bugis Street, foto-foto di Haji Lane. Beli oleh-oleh pun gak jauh, bisa di Mustafa. Kalau ke Mustafa, jangan bawa backpack ya, harus dititipkan soalnya. Ribet banget. Jikalau kalian sangat mudah jatuh hati dengan surya pada senja, singgah sebentar di Marina Barrage. Dijamin, langit jingganya membuat sejuk dan tentram hati.

PPI Singapura (https://www.facebook.com/ppisg/)

 

Profil Penulis:

Gilang Rashif adalah seorang lulusan Marketing di kampus Curtin Singapore, yang menjadi ketua PPI Curtin (KUNCI), PPI kampus pada periode 2016-2017.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *