PPI Tunisia Adakan Pelatihan Jurnalistik dan Desain Grafis

  •   
  •   

Tunis – Departemen Komunikasi dan Informasi (Kominfo) PPI Tunisia telah sukses menggelar kegiatan Pelatihan Jurnalistik dan Desain Grafis yang bertajuk “Explore Your Design Skill to be Creative Generation”, Minggu, 13 Januari 2018. Kegiatan yang berlangsung di rumah Sekretariat PPI ini, dihadiri sekitar 15-an peserta dari berbagai kalangan, diantaranya mahasiswa Universitas Az-Zaitunah, mahasiswa Universitas 9 April, dan anggota Kominfo PPI Tunisia.

Pemateri jurnalistik yakni Wakil Koordinator 1 Kantor Komunikasi PPI Dunia: Irhamni Rofiun

Hadir sebagai pemateri jurnalistik, yakni Wakil Koordinator 1 Kantor Komunikasi PPI Dunia, Irhamni Rofiun dan pemateri desain grafis, yakni freelance designer di Journal Al Dhamir, Muammar Kadafi, Lc. Acara dibuka pukul 11.30 CET oleh MC Saura Chaerunnisa, pada materi pertama peserta diajarkan mengenai jurnalistik khususnya dasar-dasar jurnalistik, dan kiat menjadi kominfo zaman now, “Untuk menjadi seorang kominfo zaman now dan tentunya orang yang faham tentang jurnalistik adalah dengan cara menggabungkan 3 elemen yaitu, team work, publikasi, dan inovasi “ ujar pria asal Bekasi ini. Materi pertama pun ditutup ketika adzan Dzuhur berkumandang.

Para peserta Pelatihan Jurnalistik dan Desain Grafis

Tepat pukul 13.30 CET acara berlanjut ke materi yang kedua. Peserta diajarkan mengenai desain grafis, khususnya bagaimana cara mendesain pamflet, banner, dan tips & trik membuat desain yang baik dan benar. “Kalau kalian ingin menjadi desainer yang kece dan mantab lakukanlah dari hati, kenapa? karena sesuatu yang berawal dari hati akan sampai ke hati”, ujar mantan ketua PPI Tunisia ini dengan senyumnya. Kemudian dilanjutkan dengan praktek desain grafis pada Adobe Photoshop.

Saura Chaerunnisa, panitia penyelenggara, mengungkapkan alasan diadakannya kegiatan ini yaitu untuk menggali dan mengasah potensi mahasiswa-mahasiswa PPI Tunisia yang berbakat dalam bidang tersebut. Ini pertama kalinya Kominfo mengadakan kegiatan di bidang jurnalistik dan desain.

Foto bersama pemateri dengan para peserta Pelatihan Jurnalistik dan Desain Grafis

Diakhir acara salah satu peserta kegiatan, Hayyun Ulfha, mengutarakan kesannya mengikuti kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan ini baik dan sangat positif, “Jika lingkungan intelektual yang seperti ini; organisasi berbasis kekeluargaan, meski sedikit pesertanya tapi produktif secara individual, lantas kita kelola lebih serius dan profesional bersama tenaga ahli, dengan berbagai target dan langkah jangka panjang maka tidak menutup kemungkinan mahasiswa atau mahasiswi Tunisia mampu unggul dan punya peran dalam kancah internasional”.

Berikut link video dokumentasi kegiatan : https://www.youtube.com/watch?v=ps3sx6E3DFI

Penulis : Adikza Nurul Islam
Fotografer : Muhammad Alif Yafiq
Kominfo PPI Tunisia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *