NCU ICD Kembali Manjakan Publik Taiwan dengan Budaya Indonesia

  •   
  •   

PPI kampus National Central University (NCU) Taiwan kembali menyelenggarakan program kerja terbesar mereka: NCU Indonesian Cultural Days 2018. Tak seperti sebelumnya, mahasiswa Indonesia di kampus ini melakukan terobosan kolaborasi tak hanya dengan KDEI di Taipei, tetapi juga Kementerian Pariwisata RI.

Zhongli (8/3) – Kamis lalu adalah hari pamungkas bagi penyelenggaraan NCU ICD 2018 besutan PPI NCU Taiwan. Melalui koordinasi langsung yang intens dari ketua PPI NCU–Hanas Subakti–sejak akhir tahun 2017 lalu, para mahasiswa Indonesia di kampus tersebut mampu menggaet 500 pasang mata pengunjung dari berbagai bangsa.

“Antusiasme pengunjung sangat baik. Saat pameran di hari pertama berlangsung (7/3), ada interaksi aktif yang terjadi antara penyelenggara dengan para pengunjung. Dengan begitu upaya promosi dan pengenalan budaya Indonesia ke mahasiswa Taiwan dan Internasional jadi semakin terasa,” ujar Alphariyan Benny Sukmara, ketua panitia NCU ICD 2018.

Perlu diketahui di tahun sebelumnya NCU ICD juga dilaksanakan dua hari, akan tetapi berbeda tempat antara hari pertama dan kedua. Tetapi untuk tahun ini, rangkaian acara dua hari ini terpusat di Grand Lecture Hall, NCU. Lokasi yang berdekatan dengan gerbang utama NCU dianggap strategis untuk menggaet pengunjung baik hari pertama maupun kedua.

Pembukaan NCU ICD 2018 dimulai dengan pawai gabungan yang diikuti oleh sejumlah performer tarian khas Indonesia dan pemain gamelan Bali. Pawai dimulai pada pukul setengah lima sore waktu setempat. “Sempat ada kendala hujan gerimis di tengah perjalanan keliling kampus, tapi semuanya tetap berjalan lancar.” terang Tri Wandi, koordinator pawai.

Setelah pawai berakhir, acara dilanjutkan dengan pembukaan Exhibition (pameran). Dalam pameran hari pertama ini panitia sengaja menggandeng mahasiswa Taiwan sebagai MC, berdampingan dengan mahasiswa Indonesia. Acara diantarkan secara trilingual: bahasa Inggris, Mandarin, dan Indonesia. Pameran ini menampilkan sejumlah informasi seputar budaya, tujuan pariwisata, serta kuliner khas Indonesia. Selain mahasiswa, pameran kali ini juga dimeriahkan oleh kedatangan perwakilan dari Kementerian Pariwisata RI yang tak kalah semangat dalam mempromosikan pariwisata Indonesia kepada para pengunjung yang datang. Saat pameran, para pengunjung disuguhi jajanan dan cemilan khas Indonesia secara gratis sebagai upaya promosi.

Di hari kedua, seperti biasanya ratusan mata pengunjung dimanjakan dengan tontonan drama Legenda Danau Toba. Kisah antara Dewi, Toba, dan Samosir didukung oleh beberapa tim tari-tarian dan juga tim choir Bhinneka Swara besutan para mahasiswa Indonesia di NCU.

“Saya ingin sampaikan rasa terima kasih saya atas terlaksananya acara NCU ICD dua hari ini. Karena berkat kerja keras panitia, ketua PPI NCU beserta seluruh anggotanya, para sponsor, dan juga media partner, acara ini dapat menjadi branding terbaik bagi kebudayaan dan pariwisata Indonesia di Taiwan.” ujar L. Tri Wijaya, ketua PPI Taiwan periode 2017/2018.

Selain apresiasi dari ketua PPI Taiwan, Kemenpar RI pun turut memberikan pujian kepada acara yang diselenggarakan dua hari ini. “Acara dua hari ini luar biasa, saya selaku perwakilan dari Kementerian Pariwisata RI yang hadir sangat mengapresiasi antusiasme para mahasiswa Indonesia yang mampu menyelenggarakan NCU ICD 2018 ini. Terima kasih banyak telah membantu upaya promosi kebudayaan Indonesia di Taiwan,” kata ibu Soufie selaku perwakilan Kemenpar RI yang mengawal jalannya NCU ICD 2018 selama dua hari.

Acara ini melibatkan banyak pihak, diantaranya Kementerian Pariwisata RI, NCU OIA, KDEI Taipei, Telkomsel Taiwan, Indomie, Dream Community Taiwan, NiHao Indo, dan banyak lagi. Mereka berperan sebagai sponsor pendukung acara ini. Tak hanya itu, demi memeriahkan acara ini, Jawa Pos, Good News From Indonesia, majalah InTai, PPI Dunia, dan berbagai media lainnya juga turut tergabung sebagai media partner.

 

Penulis:  Rahmandhika Firdauzha Hary Hernandha, Mahasiswa S2 di Institute of Materials Science and Engineering, NCU, Taiwan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *