Dua Pemuda Riau Ciptakan Aplikasi Statistika Gratis

  •   
  •   

Rezzy

Gio

Dua pemuda Tanjung Balai Karimun, Riau, menciptakan aplikasi statistika serupa SPSS yang bisa diakses secara gratis. Mereka adalah Prana Ugiana Gio dan Rezzy Eko Caraka. Rezzy yang baru saja lulus program Master of Science by Research in Statistics, School of Mathematical Sciences FST The National University of Malaysia tersebut memaparkan aplikasi yang diberi nama Statcal itu menjadi aplikasi olah data statistika yang dibuat dengan harapan dapat membantu peneliti mengolah data penelitiannya.

Rezzy dan Prana membuatnya dalam versi semudah mungkin. “Terdapat bantuan interpretasi dalam bahasa Indonesia, yang juga nantinya akan ditambah dalam bahasa Inggris. Sehingga mempermudah user dalam melakukan ekstrak informasi dari data yang dimiliki,” ulas Rezzy. Sejauh ini, aplikasi ini rata-rata digunakan oleh mahasiswa S1 hingga S3.

Selain itu, mereka juga menyediakan video tutorial cara penggunaan aplikasi Statcal yang diharapkan dapat membantu peneliti. Untuk menggunakan aplikasi yang disediakan secara gratis ini, lanjut Rezzy, user hanya perlu menginstall software yang disediakan secara gratis. Rezzy menerangkan, pada software berbayar, kita harus membayar sejumlah uang untuk menggunakan software tersebut.

Contoh software berbayar adalah SPSS, Minitab dan EViews. Biasanya pada software berbayar, kita diberi trial gratis selama 1 bulan. Setelah itu, softwafe tersebut tidak bisa digunakan lagi, kecuali kita membayar sejumlah uang untuk mendapat izin atau lisensi penggunaannya. “Sementara pada Statcal, kita hanya perlu menginstall software-nya sekali dan bisa digunakan secara gratis selamanya,” imbuh Rezzy. Statcal sendiri dapat diunduh secara gratis di https://statcal.info/. Nantinya, Rezzy dan Prana akan mengarahkan pengembangan aplikasi ini ke start-up. “Sekarang kami sedang mengurus hak ciptanya,” ujar Rezzy.

Penulis : Dinda Lisna Amalia

Editor  : Fajar R

 

1 Response

  1. Hyemi says:

    Keren
    SPSS salah satu aplikasi favoritku klo ada yg buatan pelajar Indonesia bakal aku pakai aplikasinya dgn baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *