Festival Budaya Wonderful Indonesia Pertama Digelar di Aligarh, India

  •   
  •   

Pertunjukan Tari Rampai

Aligarh, sebuah kota terbesar di Uttar Pradesh yang berjarak sekitar 145 km dari ibu kota nampak begitu meriah dengan adanya Festival Budaya Wonderful Indonesia untuk pertama kalinya diadakan di Aligarh. Acara tersebut di adakan pada tanggal 24-25 maret 2018 tepatnya di Aligarh Muslim University. Menariknya, tak hanya pelajar Indonesia saja yang berpartisipasi mensukseskan acara ini, banyak pelajar asing yang juga turut bergabung sebagai volunteer dan begitu antusias menjadi bagian dari sejarah pelajar Indonesia di India  dalam berkontribusi memperkenalkan Budaya Nusantara. Bahkan Perwakilan Pelajar Thailand juga menunjukan penampilan terbaiknya di atas panggung.

Dubes RI untuk India Sidharto Suryodipuro juga turut hadir dalam pembukaan acara ini. “KBRI senang sekali menjadi bagian dari upaya untuk mendukung kegiatan kawan-kawan mahasiswa. Walaupun yang pertaman, mudah-mudahan bukan yang terakhir”, tuturnya.

Attraksi Pencak Silat

Di hari pertama penonton disuguhkan dengan beberapa tarian nusantara dan pertunjukan yang mengagumkan seperti Ranup Lampuan, Rapai Atraction, Suloh, Saman, Gemu Famire, dan Pancak silat, dibawakan oleh PPI Komisariat Aligarh juga penari yang langsung didatangkan dari Sanggar Mirah Delima Universitas Almuslim – Bireun, Aceh. Ada juga pertunjukan musik. Gambang salah satu alat musik tradisional Indonesia yang dimainkan oleh Wildan Kodaris begitu menghipnotis para penonoton. Selain itu, isyarat angklung Interaktif yang juga dikonduktori oleh kang wildan sangat menarik minat para penonton, karena penonton dilibatkan dalam pertunjukan ini untuk memainkan angklung mengikuti isyarat sang konduktor untuk menghasilkan harmoni nada-nada yang Indah.

Pertunjukan tari Saman

Pertunjukan Gambang, alat musik tradisional Indonesia

Disisi lain, di Stand kuliner, PPI India dan teman-teman komisariat Aligarh juga menyajikan menu-menu khas Indonesia yang ramah di lidah masyarakat asing seperti Gado-gado, Ketupat sayur, Bakwan, Es buah, Sate, Omlet, Pisang goreng dan masih banyak lagi. “Aku tidak tahu kalo makanan Indonesia seenak ini, kalian seharusnya mengambil kesempatan ini untuk menjual makanan khas Indonesia di kantin kampus” Kata Mahwish salah satu mahasiswi di Aligarh Muslim University.

Di hari ke dua kegiatan, teman-teman dari komisariat Aligarh layaknya model professional memamerkan berbagai pakaian tradisional khas Indonesia seperti pakaian khas Bali, Melayu dan Jawa di atas panggung. Sorak kekaguman akan penampilan dari PPI komisariat membuncah di acara selanjutnya, dimana mereka menari khas Bollywood dengan sangat lincah. Selain itu, The raid sebagai salah satu film terbaik Indonesia juga di tayangkan di hari kedua.

Berbagai kegiatan dan keseruan lainnya

Pada penutupan kegiatan, Flashmob Gemu Famire adalah bagian yang terbaik dimana seluruh penonton ikut berjoget bersama. Kegiatan Festival Diakhiri dengan kemeriahan dan kebersamaan.

 

Foto bersama dalam acara Festifal Budaya Wonderful Indonesia

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *