Hasil Sharing Session Exclusive Keempat dengan PERMIRA (PPI Rusia)

  •   
  •   

Sharing Session Exclusive Keempat dengan PERMIRA (PPI Rusia) 7 Juli 2018 pukul 20.00 – 22.00 CEST

PERMIRA atau Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Rusia terbentuk di Moskow pada bulan Oktober 1998. Jumlah mahasiswa Indonesia di Rusia bertambah banyak seiring dengan hubungan Indonesia dan Rusia yang terus membaik. Untuk mempermudah menghimpun mahasiswa Indonesia di Rusia, PERMIRA mulai mendirikan PERMIRA pusat dan cabang sejak Kongres VI PERMIRA pada tanggal 16 Mei 2004. Pada saat itu terbentuk PERMIRA Pusat, cabang Moskow, dan cabang Saint Petersburg. Adapun syarat untuk terbentuknya PERMIRA cabang adalah jumlah mahasiswa yang belajar di kota tersebut lebih dari dua orang. Saat ini PERMIRA memiliki 15 cabang yang tersebar di 36 kota dengan jumlah mahasiswa Indonesia sebanyak 458 orang.

Visi PERMIRA adalah “mewujudkan PERMIRA yang berintegritas tinggi, berbudaya, bersahabat dan mendunia”. PERMIRA memiliki lima misi untuk menggapai visi tersebut. Misi pertama adalah menjadi wadah untuk para pelajar Indonesia di Rusia di bidang akademik maupun non-akademik. Hal ini dicontohkan dengan menyusun program-program kerja yang merupakan aspirasi teman-teman PERMIRA. Meningkatkan peran dan keikutsertaan pelajar Indonesia di Rusia untuk mengharumkan nama Bangsa dan Negara adalah misi kedua dari PERMIRA. Kepengurusan PERMIRA periode 2017/2018 melanjutkan dan meningkatkan kualitas program-program kerja PERMIRA. Misi yang ketiga ini dimaksudkan agar nilai dari program-program kerja tersebut masih tetap berkelanjutan. Menjadi duta Indonesia dengan mempromosikan dan mengharumkan nama Bangsa Indonesia merupakan misi yang keempat. Misi yang terakhir adalah menjalin dan mempererat hubungan dengan PERMIRA cabang dan PPI Negara lainnya.

 

Pada kesempatan Sharing Session terakhir di masa kepengurusan PPI Amerop periode 2017/2018, PERMIRA membagikan tips berkomunikasi dengan para pengurus PERMIRA dan KBRI. Walaupun dinamika tiap organisasi berbeda, diharapkan tips ini bisa menjadi ide untuk menjalin hubungan lebih baik lagi dengan pengurus PPI dan KBRI. Dengan kondisi geografis Rusia yang sangat luas dan memiliki banyak perbedaan waktu, serta jarak tempuh 7 jam dengan pesawat dari ujung barat Rusia ke timur Rusia, koordinasi dengan PERMIRA cabang pun tidak semudah yang dibayangkan. Maka dari itu, PERMIRA pusat berusaha semaksimal mungkin untuk komunikasi yang lancar dengan PERMIRA cabang. Pengurus pusat selalu menanyakan kabar dan kendala yang dihadapi PERMIRA cabang. Rapat koordinasi dengan semua pengurus pusat dan cabang dilakukan tiap 3 bulan sekali. Tiap divisi berkoordinasi tiap 1 bulan sekali dengan koordinator divisi di pusat. Ketua dan Wakil Ketua PERMIRA pusat berkomunikasi dengan Ketua-Ketua PERMIRA cabang minimum tiap 1 minggu sekali untuk menanyakan kabar dan berdiskusi mengenai perkembangan PERMIRA cabang setempat.

Selengkapnya silahkan download disini (Hasil Sharing Session Exclusive Keempat dengan PERMIRA (PPI Rusia)).

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *