Felari PPI Dunia: 700 Peserta Antusias Mengikuti Seminar Beasiswa Pendidikan Internasional di UINSA Surabaya

  •   
  •   

Mengambil tema “Be a Successful World-Wide Minded with Scholarship for Better Future”, seminar mengenai beasiswa pendidikan internasional sukses diselenggarakan di kampus Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya. Seminar yang mengambil tempat di Gedung Auditorium UIN Sunan Ampel Surabaya pada hari Minggu 30 September 2018 ini dihadiri oleh 700 peserta yang merupakan mahasiswa dari beberapa universitas di Surabaya. Menurut penuturan panitia, tujuan dari kegiatan Seminar International Scholarship kali ini adalah untuk berbagi informasi seputar jenis-jenis beasiswa di luar negeri dan syarat-syarat untuk melanjutkan pendidikan diluar negeri menggunakan beasiswa, serta memberikan wawasan mengenai pentingnya melanjutkan  pendidikan di luar negeri untuk masa depan yang lebih baik.

 


Melanjutkan pendidikan di luar negeri tentu saja membutuhkan bekal dan informasi yang cukup, hal inilah yang menjadi fokus kegiatan seminar Pendidikan Internasional. Melalui seminar ini peserta diajak untuk lebih memahami kehidupan maupun kultur pendidikan para penerima beasiswa di luar negeri. Narasumber yang telah lebih dulu meraih impian untuk kuliah di luar negeri dengan beasiswa memberikan beberapa rahasia, tips dan tricks untuk dapat mengikuti jejak kesuksesan mereka. Pada kesempatan kali ini, Eddwi Hesky Hasdeo, alumni PPI Jepang, mengisi acara sebagai pembicara mewakili PPI Dunia. Kemudian, Dewi Mutiara Sari (Tiara) dan Muhammad Junaidi (Jun), keduanya alumni PPI Italia, mengisi acara sebagai penjaga stand PPI Dunia.

 

Eddwi Hesky Hasdeo, alumni Tohoku University Japan atau akrab disapa Mas Hesky menuturkan bahwa mendapatkan beasiswa adalah pengalaman yang mengubah hidup. “Saya masih mengingat bagaimana saya melompat kegirangan saat saya diterima sebagai awardee Monbusho untuk studi S2 dan S3. Sejak momen itu, kesempatan besar saya untuk menjadi peneliti berkelas dunia terbuka lebar. Saya mau membagikan itu kepada anak-anak muda supaya mereka juga bersemangat dalam belajar dan mencapai cita-cita yang mereka impikan. Meraih beasiswa atau sekolah tinggi bukanlah penentu kesuksesan, tetapi semangat untuk mau terus belajar adalah kuncinya.” Hesky mengawali kisahnya. Lebih lanjut Hesky yang kerap menjadi narasumber dalam seminar-seminar beasiswa berharap agar nantinya para peserta dapat pula menjadi narasumber untuk berbagi cerita inspiratif dan semangat kepada generasi selanjutnya. Antusiasme peserta tampak jelas pada saat sesi diskusi dengan narasumber dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan peserta, antara lain cara-cara memenuhi persyaratan beasiswa, tips sukses mengikuti seleksi beasiswa hingga tips untuk bertahan hidup di luar negeri sebagai mahasiswa.

Tidak hanya menghadirkan narasumber yang berkualitas, seminar ini juga menampilkan pertunjukan seni oleh mahasiswa baru. Keterlibatan mahasiswa baru dalam kegiatan seminar yang kerap kali hanya menarik bagi mahasiswa akhir sangat perlu diapresiasi. Melalui keterlibatannya, para mahasiswa baru dapat membuka wawasan dan lebih awal menyiapkan persyaratan yang diperlukan untuk meningkatkan kapasitas mereka di masa yang akan datang, salah satunya untuk meraih beasiswa Pendidikan di luar negeri***.

Margaretta Christita

Tim Media Divisi Festival Luar Negeri PPID 2018/2019

felari@ppidunia.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *