Diakreditasi DIKNAS RI, PKBM PPI Taiwan Siap Tingkatkan Kualitas Pendidikan bagi PMI

  •   
  •   

Tahap kedua visitasi akreditasi PKBM PPI Taiwan di KDEI Taipei [Dok: Humas PPI Taiwan]

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) PPI Taiwan adalah lembaga yang memfasilitasi Program Kejar Paket Program Paket A, Program Paket B, Program Paket C serta Kelompok Belajar atau Kejar. Lembaga ini merupakan lembaga pendidikan nonformal yang difasilitasi oleh Pemerintah Indonesia untuk siswa yang ingin menempuh pendidikan, namun tidak melalui jalur sekolah di Taiwan.

Proses ini dimulai dengan persiapan borang akreditasi dengan mengikuti standar Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal (BAN PAUD PNF) selama dua hari pada tanggal 13-14 Oktober 2018. Selanjutnya, PKBM PPI Taiwan menjalani proses visitasi, baik secara dokumen maupun observasi lapangan oleh asesor BAN PAUD PNF.

Dua asesor, Dr. Firman dan Bahrudin, melaksanakan proses visitasi melalui dua tahap yaitu pemeriksaan dokumen dengan meneliti seluruh butir-butir instrumen akreditasi PKBM dan bukti fisiknya serta melakukan wawancara dengan pimpinan, dan staff manajemen.

Tahap kedua yang dilaksanakan ditempat belajar-mengajar, yaitu di Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) Taipei. Asesor melakukan obsevarsi terhadap proses belajar-menjagar siswa, wawancara guru dan siswa, serta diskusi dengan pihak pimpinan KDEI yang memfasilitasi proses belajar-mengajar PKBM PPI Taiwan.

Menurut Ketua BP PKBM PPI Taiwan, Rekyan Regasari Mardi Putri, S.T., M.T., ada 8 standar yang dinilai dalam proses akreditasi ini. Dia berharap dari proses akreditasi pertama ini, PKBM PPI Taiwan mampu mendapatkan hasil terbaik. Dia juga menyampaikan bahwa seluruh elemen yayasan dan BP PKBM telah menyiapkan yang terbaik, dan apa yang telah dilakukan selama ini oleh PKBM PPI telah tercantum dalam dokumen akreditasi.

Di lain pihak, ketua yayasan pendidikan PPI Taiwan, Hasan Ismail, S.Pd., M.Sc., mengatakan bahwa ada harapan besar agar proses akreditasi ini menjadi momentum untuk perbaikan secara berkelanjutan dari seluruh proses dan manajemen PKBM PPI. Dengan senantiasa menjadikan standar-standar yang ada di borang sebagai acuan manajemen dan proses belajar mengajar maka PKBM PPI akan memiliki kepastian dalam jaminan mutu lulusan dan kredibilitas lembaga.

Ketua PPI Taiwan, Sutarsis, yang selama dua hari proses visitasi senantiasa mendampingi, mengatakan bahwa walaupun PKBM PPI Taiwan adalah pengabdian masyarakat bagi mahasiswa indonesia yang studi di Taiwan, namun pengabdian ini harus tetap mengikuti standar pendidikan Kementrian Pendidikan RI, agar PPI dapat menjamin kualitas pengabdiannya kepada Pekerja Migran Indonesia di Taiwan (PMI). Serta juga mengajak seluruh PMI di Taiwan memanfaatkan layanan pendidikan PPI Taiwan ini demi kehidupan yang lebih baik. [Humas PPI Taiwan]

Badan Pengurus PKBM PPI Taiwan setelah selesai proses akreditasi [Dok. Humas PPI Taiwan]

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *