Small Town Called “IPOH”

  •   
  •   

Salah Satu Objek Wisata di Ipoh : Kelli’es Castle [Dok : Penulis]

Apa bayangan kalian saat mendengar negara Malaysia? apakah hanya kota Kuala Lumpur dengan bangunan menara kembarnya? atau surga belanja yang bisa dikunjungi di Bukit Bintang? Banyak orang yang belum tau, kalau Malaysia memiliki banyak sekali destinasi liburan selain kota besar Kuala Lumpur yang dipenuhi oleh concrete jungle dan lampu besar. Kuala Lumpur memang menjadi destinasi utama para turis, tapi banyak juga turis yang datang ke Malaysia untuk mencari keindahan alamnya, bukan kota besarnya. Namun, terkadang akses untuk pergi ke destinasi alam sedikit jauh dari ibu kota dan harus menempuh waktu yang lama. Ada beberapa alternatif untuk destinasi liburan di Malaysia selain Kuala Lumpur atau destinasi alamnya, salah satunya adalah mengunjungi kota-kota kecilnya.

Karena jarang terekspos dan hanya sedikit orang yang ingin tahu, sebenarnya Malaysia memiliki banyak sekali kota-kota kecil yang bisa dibilang sangat authentic dan masih terasa sekali keaslian atmosfir kota kecil tersebut yang jauh ada didalam wadah karateristik kota-kota modern. Destinasi kota kecil justru jauh lebih menyenangkan dan jauh dari kata membosankan. Alih-alih melihat gedung tinggi dan mall-mall yang tersebar, traveling ke kota-kota kecil di Malaysia justru menjadi kesempatan yang bagus loh untuk mempelajari sejarah-sejarah yang ada pada kota tersebut. Salah satu destinasi yang recommended untuk dikunjungi adalah kota Ipoh.

Ipoh adalah ibu kota negara bagian Perak yang terletak sekitar 205 kilometer dari Kuala Lumpur, jarak tempuh yang dibutuhkan sekitar 2 jam dalam perjalanan darat menggunakan mobil. Tidak terlalu jauh dari Kuala Lumpur dan sangat accessible karena bisa ditempuh menggunakan kereta juga dari Kuala Lumpur, bermula dari stasiun KL Sentral. Meski Ipoh adalah kota kecil dan jauh dari kata modern seperti Kuala Lumpur, Ipoh tetap memiliki hotel untuk para turis yang berkunjung, namun hotel-hotel yang tersebar biasanya adalah budget hotel tetapi cukup bagus dan nyaman untuk beristirahat selama beberapa hari. Berbagai spot unik juga akan bisa ditemukan di Ipoh, seperti street arts yang tersebar luas di berbagai dinding kedai dan gang kecilnya, kuil-kuil dan gua. Kuliner di Ipoh juga sangat beragam dan wajib dikunjungi loh! Kuliner Ipoh memiliki cita rasa yang sangat khas dan unik dan lumayan jarang ditemukan di kota-kota lain.

White Coffee di Nam Heong [Dok : Penulis]

Ipoh terkenal sekali dengan kopi khas nya yang dijual di salah satu kedai tua dan ini tempat wajib para turis yang datang. Kopi yang wajib dicoba ini dijual di kedai bernama Nam Heong. Kopi yang dijual adalah white coffee dan harga secangkir kopi tersebut juga sangat terjangkau. Kopi ini di sajikan dengan gaya old-school berwadah cangkir kopitiam khas Malaysia. Kalau makanan, Ipoh bisa dibilang kota 1000 kuliner karena makanan khas kota tersebut banyak sekali, salah satunya yang paling khas adalah Ipoh Chicken Rice, lengkap dengan side dish nya. Hidangan ini sangat mudah ditemukan di Ipoh. Aroma ayam mereka dan bumbu-bumbu yang digunakan dalam hidangan tersebut sangat memikat para pengunjung, dan jarang sekali ditemukan di tempat lain. Selain Ipoh Chicken Rice, hidangan yang terkenal dan sangat khas adalah Ipoh Hor Fun, yaitu hidangan mie dengan kuah khas disajikan dengan udang dan sawi. Rasa kuah pada hidangan ini sangat kuat akan rempah-rempah khas Malaysia.

Ipoh Mural Art Rail [Dok : Penulis]

Destinasi turis lainnya yang wajib dikunjungi adalah kuil-kuil yang ada di Ipoh, seperti kuil Guan Yi, salah satu kuil Cina. Kastil di Ipoh pun tidak kalah menarik juga, kastil yang paling menarik perhatian adalah Kellie’s Castle. Kastil tersebut memiliki gaya bangunan yang sangat kuno dan menarik untuk dipelajari sejarahnya. Dan yang terakhir adalah, art museum khas Ipoh yang cocok untuk dijadikan sebagai spot foto untuk para pengunjung. Art museum favorite yang ada di Ipoh adalah Ipoh Mural Art Trail. Disini para pengunjung akan disajikan oleh berbagai lukisan dan karya seni lainnya yang menggambarkan keragaman kota Ipoh.

Jadi, travelling ke Malaysia tidak harus ke kota modern, kan?

Jessica Ramadhani
Jurnalis PPI Malaysia.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *