PPI Tiongkok Sukses Gelar Rapat Tengah Tahun di Beijing

  •   
  •   

Pembukaan Bersama Bapak Dubes (dok. PPI Tiongkok)

Tepatnya 25 Oktober 2018, Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Tiongkok menyelenggarakan  kegiatan penting yakni Rapat Kerja Tengah Tahun (RKTT). Ini merupakan RKTT yang kedua, sebelumnya PPI Tiongkok telah mengadakan kegiatan serupa yang  dihadiri oleh puluhan perwakilan yang berasal dari berbagai kota di Tiongkok

Agenda tahunan yang bertepatan dengan momen sumpah pemuda ini dibuka langsung oleh Bapak Djauhari Oratmangun selaku Duta Besar RI untuk Tiongkok dan Mongolia di wisma KBRI Beijing. Acara dibuka dengan lantunan angklung sebagai simbol  tanda dibukanya acara RKTT PPI Tiongkok 2018/2019.

Pada sesi pembukaan, Duta Besar Tiongkok yang juga merangkap Mongolia menyampaikan paparan materi tentang kepemudaan, diaspora dan isu-isu terkini mengenai hubungan Indonesia dan Tiongkok. Tidak lupa pada sesi tersebut juga dibahas tentang prospek kerjasama ekonomi dalam  menghadapi masa ekonomi digital sebagai alat baru dalam kompetisi antar bangsa.

Sebagai wadah pemuda, PPI Tiongkok tentu memiliki peran dalam mengarahkan dan mengembangkan bakat mahasiswa Indonesia sebagai generasi penerus. Dalam sambutannya, Fadlan Muzakki  menyampaikan pesan akan pentingnya kolaborasi antar pemuda untuk mencapai tujuan dan menjadi bangsa yang besar. ”Dulunya para tokoh bangsa harus  bekerja siang dan malam dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia, kita harus bercermin dari semangat juang mereka,” papar ketua umum PPI Tiongkok ini.

Dalam pemaparan materi, Bapak Djauhari menjelaskan tentang pentingnya Indonesia dalam ekonomi digital dan e-commerce agar bisa berkompetisi di era revolusi industri. ”Ekonomi Digital adalah kunci bagi Indonesia agar menjadi bangsa yang besar di masa depan,” paparnya dengan semangat.

Pelaksanaan RKTT (dok. PPI Tiongkok)

Di akhir sesi, beliau berpesan kepada seluruh pengurus PPI Tiongkok agar tetap semangat dan berkontribusi dalam proses pembangunan Indonesia. Selain itu perencanaan dan tujuan belajar bagi mahasiswa sangat penting dalam mewujudkan mimpi-mimpi untuk membangun peradaban bangsa yang besar.

Menurut informasi panitia, delegasi yang hadir dalam kegiatan tahunan ini berjumlah delapan puluh orang yang mewakili perhimpunan pelajar Indonesia Tiongkok di cabang masing-masing. Dihari terakhir panitia berencana merayakan ulang tahun PPI Tiongkok  dan memperingati hari Sumpah Pemuda yang ke-90 di sekitar Beijing.

Delegasi RKTT (dok. PPI Tiongkok)

Bravo PPIT

Salam Perhimpunan,

 

Penulis: Auliya Fitri Nur Laili, Nanjing Institute of Railway Technology Divisi Tabloid Pusat Media Komunikasi

Editor: dewan, Beijing Jiaotong University

 

1 Response

  1. dewan says:

    hiduppp PPI semangat terus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *