Berburu Beasiswa Pendidikan Tinggi Melalui Scholarship Fair Pada Ajang “SEMAR LAW FEST 2018”

  •   
  •   

Education is the most powerful weapon which you can use to change the world. -Nelson Mandela

Berdiskusi mengenai pentingnya pendidikan tinggi memang tidak akan pernah ada habisnya. Keinginan kita sebagai generasi muda untuk mengubah dunia memerlukan modal dan bekal. Pendidikan  merupakan modal utama untuk dapat mengubah dunia, tetapi untuk meraih pendidikan impian tidak semudah yang terlihat. Faktor biaya pendidikan yang sangat tinggi, mengakibatkan banyaknya anak usia sekolah memutuskan untuk tidak melanjutkan kembali pendidikan mereka, dan tidak sedikit yang lebih memilih bekerja daripada bersekolah. Ketika masuk dalam perguruan tinggi persoalannya pun tidak kalah rumit. Mahasiswa ditingkat semester akhir biasanya mulai kebingungan untuk mempersiapkan masa depannya, pilihan untuk melanjutkan studi di jenjang yang lebih tinggi atau langsung bekerja mencari nafkah. Peningkatan gerak sinergis antara lembaga pendidikan, lembaga riset, dan dunia usaha merupakan kunci majunya pendidikan di Indonesia. Pemerintah juga telah berupaya memberikan beasiswa, serta  berbagai kemudahan lainnya. Sangat disayangkan, terkadang informasi pendaftaran, ketentuan dan persyaratan, dan kualifikasi yang harus ditempuh sulit dipahami.

Mencoba menjawab tantangan tersebut Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret 2018 (BEM FH UNS 2018) telah sukses menyelenggarakan Sebelas Maret Law Festival 2018 dengan salah satu aktivitas dalam rangkaian tersebuat adalah Scholarship Fair.  Bertempat di Student Center Universitas Sebelas Maret pada Kamis 1 November 2018, Scholarship Fair bertujuan untuk meningkatkan motivasi mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan memberi pembekalan kepada mahasiswa dalam persiapan sebelum mendaftarkan diri untuk memperoleh beasiswa.

Angger, salah satu delegasi PPI Dunia, tengah berbagi cerita sebagai pembicara

Pada kesempatan ini Tim FELARI berhasil melakukan wawancara terhadap salah seorang narasumber yang sempat berbagi cerita dan motivasi pada acara tersebut. Zela Lola Maretha merupakan peraih gelar Master in Management, Saint Petersburg State University,Russia dengan beasiswa pemerintah Rusia. Lola menuturkan bahwa ia turut bersemangat dengan antusiasme para peserta yang tidak hentinya menanyakan pertanyaan, meski terkadang harus mengulang jawaban kepada orang-orang yang berbeda. Baginya menyebarkan informasi-informasi yang mungkin belum diketahui peserta merupakan kewajiban yang menyenangkan. “Seorang senior saya pernah berkata bahwa siapa yang keluar dari zona nyaman, maka dia akan mendapatkan hal lebih. Inilah yang selalu terngiang di telinga saya sampai sekarang dan membuat saya ingin sekali kuliah di luar negeri.” tuturnya memulai perbincangan. Berawal dari semangat tersebut, Lola mendaftarkan diri untuk meraih Russian Government Scholarship, dan ia sangat bersyukur karena langsung sukses pada pengalaman pertamanya mendaftarkan beasiswa ke luar negeri. Lola juga berpesan bagi yang menginginkan kuliah di luar negeri, bahwa untuk dapat mewujudkan mimpi kita mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Sementara bagi yang masih pada tahap memikirkan akan kuliah di luar negeri, ia berpesan bahwa kuliah keluar negeri merupakan pilihan yang patut untuk dicoba karena hidup hanya sekali, sedangkan dunia sangat luas dan menarik untuk di explore. “Jangan menyerah dan percayalah proses tidak pernah menghianati hasil” ujar Lola mengakhiri berbagi cerita.

Delegasi PPI Dunia ikut meramaikan kegiatan dengan menjaga stand informasi beasiswa

Untuk memfasilitasi mahasiswa agar lebih mudah mendapatkan informasi mengenai beasiswa pendidikan scholarship fair juga menghadirkan stand-stand beasiswa, sehingga mahasiswa dapat bertanya langsung dan mendapatkan informasi yang lebih akurat. Uniknya selain menghadirkan 15 stand penyedia beasiswa dari dalam dan luar negeri, Scholarship Fair juga menghadirkan 5 stand bimbingan belajar, 20 stand perusahaan, serta 6 stand makanan dan minuman untuk memeriahkan suasana. Jadi siapkah kita mengubah dunia dengan meraih pendidikan terbaik?***

Margaretta Christita

Tim Media Divisi Festival Luar Negeri PPID 2018/2019

felari@ppidunia.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *