Kajian Strategis PPI Dunia (PPI Brief) no.2 : Pengembangan Gas Metana Batubara perlu Koordinasi Kebijakan

  •   
  •   

Pusat Kajian dan Gerakan PPI Dunia menerbitkan PPI Brief No. 2, Edisi November 2018. PPI Brief edisi ini ditulis oleh Aldin Adrian (Anggota Komisi Energi PPI Dunia) yang berisi analisis tentang pengembangan Gas Metana Batubara sebagai potensi energi baru terbarukan di Indonesia.

Menurut Aldin, Dewan Energi Nasional telah menyusun diversifikasi energi nasional hingga tahun 2050, dan Energi baru terbarukan (EBT) diproyeksikan mampu memiliki tingkat pertumbuhan paling tinggi. Gas Metana Batubara atau Coalbed methane (CBM) menjadi salah satu andalan EBT. Namun, menurut Kandidat PhD dari McGill University ini, produksi listrik dari CBM diragukan pertumbuhannya untuk mencapai target bauran energi nasional

Aldin berargumen bahwa tantangan pengembangan energi baru di Indonesia, secara lebih spesifik Gas Metana Batubara (Coalbed Methane) memerlukan koordinasi kebijakan yang lebih terarah, sehingga Indonesia bisa mengurangi ketergantungan pada sumber-sumber energi tidak terbarukan. Ada tiga tantangan yang dicatat oleh Aldin, yaitu (1) tantangan pada eksplorasi dan pembebasan lahan, (2) aspek teknis pada proses dewatering (proses pengeringan sumur produksi), dan (3) rezim fiskal. Koordinasi kebijakan yang lebih efektif diperlukan untuk merespons beberapa tantangan tersebut.

PPI Brief ini diharapkan bisa memberikan beberapa insight kebijakan, terutama bagi Kementerian/Lembaga yang berada di sektor energi dan sumber daya mineral, untuk mendorong pengembangan energi terbarukan di Indonesia, sebagai perwujudan dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

PPI Brief No. 2/November 2018 ini bisa diakses dibawah ini : Policy Briefs2

Editor PPI Brief nomor ini: Ahmad Rizky M. Umar, Bening Tirta Muhammad, Nur Hasan, Angga Fauzan (Design)

1 Response

  1. April 27, 2019

    […] yang lebih massif. Lebih lanjut, serupa halnya dengan coal-based methane yang sudah diulas dalam PPI Brief No. 2/2018, Laode berargumen bahwa shale gas juga butuh dukungan regulasi terkait perizinan pembukaan sumur […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *