Strasbourg yang Memesona Selama 30 Hari

  •   
  •   

Kalian punya rencana berlibur ke Paris? Pasti di pikiran kalian berkunjung ke menara Eiffel bukan ? Ah, itu sih sudah biasa. Selain menara Eiffel yang sudah menjadi destinasi umum dari pelancong yang datang ke kota Paris, ada baiknya jika kamu mulai memikirkan destinasi lain yang tidak kalah unik seperti kota Strasbourg. Kota kecil ini menawarkan suasana yang tidak kalah asyik, khususnya pada bulan Desember seperti ini. Apa yang membuat kota ini wajib dikunjungi pada akhir tahun ini ya ?

Salah satu hal yang unik ada pada bulan Desember adalah Pasar Natal, atau dalam bahasa lokal disebut Marche de Noël, dimana hampir seluruh kota yang tersebar di negara Perancis mengadakannya. Salah satunya di Strasbourg dan event ini sudah dimulai semenjak tanggal 24 bulan November lalu hingga nanti menjelang natal, yaitu pada tanggal 24 Desember 2018.

Gerbang Masuk Kota Strasborg

Kota yang terletak di timur Perancis ini adalah salah satu tempat yang tepat untuk menikmati pasar natal yang disebut-sebut sebagai salah satu yang tertua  dan terbesar di seluruh penjuru Eropa. Pasar Natal di kota ini pertama kali digelar pada tahun 1570. Tidak heran, kota ini dijuluki sebagai Christmas Capital karena saking kentalnya suasana christmas eve di kota ini. Julukan ini semakin diperkuat dengan tulisan Capital de Noël, yang artinya pusat atau ibu kotanya natal, di pintu masuk kota ini.

Kota ini akan dikunjungi banyak pengunjung dari berbagai negara pada bulan Desember, yang tentu datang untuk menikmati suasana bulan Desember di kota kecil ini. Pasar Natalnya sendiri diadakan di alun-alun kota serta di berbagai lorong-lorong jalanan kota dengan ratusan kios yang berjajar. Ada banyak sekali pilihan toko yang mengundang pengunjung untuk masuk ke dalamnya. Banyak sekali hal yang bisa kamu temukan disini,  mulai dari aksesoris, makanan, minuman, pakaian, oleh-oleh, dan masih banyak lainnya. Warga lokal pun tidak kalah antusias menunggu event ini setiap tahunnya, dimana warga akan menghabiskan waktu untuk mengobrol satu sama lain sembari menikmati minuman lokal berupa anggur hangat yang dicampur dengan rempah-rempah. Kecantikan kota ini akan semakin semarak dengan berbagai hiasan lampu yang dipasang di berbagai sudut kota. Semarak lampu dan keramaian pengunjung tersebut akan semakin menambah kentalnya suasana natal di kota kecil yang cantik ini. Oh iya, jangan lupa untuk melihat kemegahan pohon natal raksasanya ya ! Dijamin, kalian tidak akan menyesal ketika datang kesini.

Suasana Pasar Natal

Kamu bisa mulai mengunjungi pasar natal ini pada pukul 11.00 hingga 20.00. Jangan lupa untuk menegenakan jaket tebal, thermal, gloves, syal, dan penutup kepala wol. Usahakan juga untuk mengenakan sepatu khusus musim dingin yang hangat dan nyaman. Namun, kamu bisa juga mengakali dengan mengenakan kaus kaki berlapis-lapis untuk menghadapi terpaan dinginnya hawa dingin bulan Desember. Kaki yang hangat juga merupakan salah satu modal utama untuk menikmati pasar natal ini dengan baik, karena suhu kota Strasbourg rata-rata akan berada di bawah nol derajat khususnya pada malam hari.

Beberapa tahun yang lalu,  memang sempat terjadi aksi terorisme di tempat ini dan ramai diberitakan oleh berbagai media lokal. Tapi, jangan takut ! Aksi terorisme tersebut telah ditangani oleh pihak berwajib dan hingga saat ini terdapat penjagaan yang lebih baik untuk menjaga keamanan kota ini. Marché de Noël juga mulai dibuka kembali sehari setelah kejadian terorisme tersebut dan justru semakin ramai dikunjungi oleh wisatawan. Jadi, tunggu apa lagi ? Masih belum punya rencana liburan selama liburan natal ?  Yuk kemari berkunjung di Strasbourg, untuk menikmati pasar natalnya, arsitektur kota, serta kecantikan alam yang ditawarkan di dalamnya. Selamat berlibur!

Pohon Natal Raksasa yang Terletak di Alun-alun Kota

Tulisan ini ditulis oleh Arum Faizatul Umami

Mahasiswa Universitas Paris 13, Perancis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *