Menulis dan Nge-vlog Jadi Pilihan Hadapi Stress Kuliah di Perancis

  •   
  •   

Perkenalkan, nama saya Arum Faiza. Saat ini saya sedang menempuh kuliah di Paris 13 University, Perancis dengan jurusan Master Santé Sécurité Au Travail. Susah dilaflakan memang, dalam Bahasa Indonesia itu jurusan Magister Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Saya kuliah dengan beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pemerintah) Indonesia.

Negara yang punya julukan romantis itu ternyata tidak seromantis yang dibayangkan. Khususnya, sebagai seorang mahasiswa. Kuliah S2 di perguruan tinggi di Perancis ternyata menuntut jadwal yang padat. Layaknya anak sekolah di Indonesia.

Bedanya, jadwal mata kuliah dan jamnya saja yang berbeda-beda setiap minggunya. Kami harus mengecek-nya online di portal mahasiswa setiap kampus untuk mengetahuinya. Selebihnya, bisa dikatakan sama. Dari Senin sampai Jumat. Jadwal istirahatnya juga hanya satu jam. Antara pukul 13.00 sampai 14.00.

Kepadatan itu terasa di Minggu ke-46 perkuliahan yang jatuh pada 12 sampai 16 November 2018. Kuliah pada senin dimulai pukul 11.00 dan berakhir pada pukul 17.00. Pada Selasa dan Rabu malah dimulai lebih pagi yakni pukul 09.00. Sedangkan kuliah paling lama pada Kamis. Dari pukul 10.00 sampai 19.30.

Pada Jumat, saya hanya menjalankan satu mata kuliah saja. Dari pukul 14.30 sampai 18.30. Kuliah yang padat dan tugas menumpuk, jika tidak diimbangi dengan “bersenang-senang”, maka akan menimbulkan stress. Saya menyiasatinya dengan menulis buku atau membuat vlog pribadi yang baru rilis 2 minggu lalu. Tepat ketika sedang liburan musim gugur.

Mungkin akan muncul pertanyaan, seperti: kok masih bisa ya, menulis dan nge-vlog di saat jadwal kuliah padat. Menurut saya, ini bisa disiasati dengan memanfaatkan waktu pada akhir pekan alias weekend. Setiap Sabtu dan Minggu saya refresh otak dengan mencari objek-objek yang menarik untuk dijadikan materi vlog.

Selain itu, saya masih aktif di dunia tulis menulis karena memang hobi. Beneran! Seperti Inilah cara ampuh untuk atasi stress. Setidaknya, versi saya.

Di lain sisi, saya bukan tipikal pelajar yang datang, duduk, pulang, nugas. Saya suka berorganisasi. Ketika di luar negeri, saya kehilangan momen berorganisasi. Jadinya, ngevlog dan menulis yang menjadi obatnya.

Apakah harus vlog dan menulis? Tentu tidak! Tergantung hobi kamu, yang jelas lakukan apa saja yang penting bisa bermanfaat untuk orang lain. Suka nyanyi? Silakan weekend buat lagu. Suka fotografi? Di sini cari spot menarik. Suka desain? Bisa dimaksimalkan. Jangan sampai, kuliah membuat hobimu terbengkalai.

Sebagai seorang mahasiswa, memang dituntut untuk bisa manajemen dengan baik. Mulai dari manajemen waktu, tenaga, sampai pengeluaran bulanan. Tapi perlu diingat, bahwa tugas utama mahasiswa adalah belajar dan lulus tepat waktu. Jadi, jangan sampai kegiatan yang kamu sukai malah mengganggu kuliah kamu ya.

Selamat berkarya!

Potongan vlog Arum saat mengunjungi katedral Katolik di Strasbourg, Alsace, Perancis. (YouTube Arum Faiza)

Tulisan ini ditulis oleh Arum Faiza , Mahasiswa S2 Santé Sécurité au Travail (Magister Kesehatan dan Keselamatan Kerja) Paris 13 University dan Penulis 20 buku

Artikel ini telah dimuat di https://www.jawapos.com/internasional/24/12/2018/menulis-dan-nge-vlog-jadi-pilihan-hadapi-stress-kuliah-di-perancis pada tanggal 24 Desember 2018


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *