Short Escape ke Belanda Utara : Marken dan Broek in Waterland

  •   
  •   

Belanda merupakan salah satu negara yang menyandang predikat The Most Livable Country di dunia. Bukan hanya lingkungan kerja dan pendidikannya yang diakui bagus di tingkat global, destinasi wisata untuk para wisatawannya pun patut diacungi jempol. Amsterdam, Volendam, Utrecht, Den Haag, dan Rotterdam merupakan beberapa kota yang kerap dikunjungi oleh turis. Kota yang tertata rapi, bangunan arsitektur yang khas, dan sistem transportasi yang terintegrasi baik menawarkan kenyamanan bagi para turis untuk berkunjung ke berbagai lokasi yang tersebar di berbagai penjuru negeri ini.

Sebagai mahasiswa yang sedang menuntut ilmu di Belanda, tourist destination di beberapa kota di atas mungkin sudah menjadi hal yang biasa, atau bahkan membosankan pada beberapa momen tertentu. Tugas-tugas perkuliahan yang menumpuk serta kejenuhan yang kerap melanda terhadap lingkungan sekitar membuat mahasiswa seperti saya memutuskan untuk melakukan short escape. Tujuannya, tentu tempat yang tenang dan nyaman. Saya pun mulai mencari berbagai pilihan lokasi yang bisa saya datangi. Dari pencarian tersebut, saya kemudian menyadari bahwa Belanda memiliki tempat-tempat non-mainstream lainnya yang juga layak dikunjungi. Kerapihan dan keindahan tata kota yang dimiliki oleh negeri kincir angin ini tidak hanya terdapat di kota-kota besar yang telah saya sebutkan diatas, tetapi juga nampak di berbagai kota-kota kecil yang mungkin masih jarang kita dengar namanya.

Sebut saja Marken dan Broek. Terletak di Waterland, kedua kota kecil tersebut menawarkan suasana yang tidak kalah menarik dengan kota-kota besar lainnya. Terletak di wilayah Noord Holland atau Belanda Utara, kedua tempat tersebut menawarkan pemandangan laut dan rumah – rumah Belanda yang asri dan nyaman untuk ditinggali.

Broek in Waterland merupakan kota kecil yang terletak di Provinsi Noord Holland. Untuk menuju ke tempat ini, saya menaiki bis 316 ke arah Volendam-Edam dan turun di Halte Broek in Waterland. Perjalanan menuju sana menghabiskan waktu sekitar dua puluh menit. Cuaca hari itu sedang cerah, sehingga pemandangan sekitar cukup menyenangkan untuk melepas penat. Begitu sampai di halte bis Broek, saya memilih untuk berjalan ke daerah permukiman penduduk. Sebelum menemukan deretan rumah khas Belanda yang cantik, saya melewati danau yang luas. Perahu – perahu kecil milik warga setempat terlihat terparkir di pinggir danau.

Dengan jumlah penduduk sekitar 2.300 orang, Broek tergolong kota yang sepi. Sepanjang perjalanan saya mengitari kota tersebut, hanya segelintir orang yang sedang beraktivitas di luar rumah. Salah satunya adalah merawat hewan ternak di pekarangan rumah. Dengan begitu sudah lengkap sudah keindahan alam yang tercipta di kota kecil ini. Rumput yang hijau, sungai yang mengalir, udara sejuk dengan kicauan dan suara-suara hewan ternak yang memenuhi kota kecil ini.

Setelah puas berada di Broek, saya melanjutkan perjalanan ke Marken. Marken merupakan pulau kecil yang berada di timur laut Amsterdam. Untuk menuju kesana, saya menggunakan bis nomor 315 ke arah Marken Monnickendam yang berangkat dari Halte Broek in Waterland. Perjalanannya menghabiskan waktu kira – kira dua puluh menit. Bis 315 melewati highway yang dibangun di atas air laut, sehingga pemandangan sepanjang perjalanan pun tentunya tidak membosankan. Jernihnya air laut yang di padupadan kan dengan pantulan sinar matahari pagi menawarkan kesegaran pada pandangan mata kita sembari menemani telusur perjalanan sampai ke tempat tersebut. Setibanya di Marken, terdapat beberapa restoran yang berjejer di pinggir laut. Kebanyakan dari mereka menawarkan fish and chips sebagai menu andalannya. Saya memilih satu tempat makan dan duduk di luar restoran sembari menikmati pemandangan sunset yang terhampar di depan saya kala itu.

Marken dan Broek in Waterland tidak mempunyai banyak atraksi turis yang cukup menarik. Namun, tentu saja, Marken dan Broek in Waterland merupakan tujuan yang tepat jika teman – teman ingin mencari ketenangan di tengah hectic nya situasi perkuliahan atau pekerjaan. Dengan suasana alam yang begitu hijau asri dan kualitas udara yang bersih serta lingkungan yang tergolong tidak terlalu ramai, tempat ini cocok sebagai tempat untuk bersantai sembari menikmati ciptaan Tuhan yang terhampar di depan mata.

Perjalanan short escape kali itu benar – benar menyegarkan pikiran saya kembali. Countryside Belanda yang begitu asri dan nyaman sangat layak untuk dikunjungi. Semoga artikel ini membantu kalian yang sedang stress ujian. Selamat musim ujian untuk semua. Bedankt en Tot Ziens!

Tulisan ini ditulis oleh Bianda Nurasyah, PPI Belanda, Exchange Student School of Business and Economics, VU Amsterdam 2018

PPI Belanda, Exchange Student School of Business and Economics, VU Amsterdam 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *