Jalan-Jalan Hemat dan Sehat di Brisbane

  •   
  •   
City Hall Brisbane

Ketika mendengar kata Australia, kota apakah yang ingin kalian kunjungi? Sebagian besar mungkin akan menjawab Sydney atau Melbourne. Selain dua kota besar tersebut, Australia juga memiliki kota terbesar ketiga, Brisbane, yang terletak di daerah tenggara negara bagian Queensland. Brisbane memiliki banyak tempat yang menarik untuk dikunjungi, mulai dari wisata alam, galeri seni, hingga museum dan koala sanctuary. Selain itu, Brisbane memiliki sistem transportasi umum yang lengkap dan nyaman mulai dari bus, kereta, hingga kapal feri.

Seandainya nanti kalian mengunjungi Brisbane, siapkan waktu lebih dari sehari untuk menjelajahi sekitaran pusat kota karena terdapat banyak tempat menarik dan instagramable yang sayang untuk dilewatkan. Salah satu ikon dari Brisbane adalah city hall-nya, di mana kita dapat melihat interior city hall yang indah sekaligus mengikuti Clock Tower tour selama 15 menit. Jangan lewatkan juga berbagai workshops dan exhibitions di Museum of Brisbane yang terletak di dalam city hall tersebut. Kalian dapat mengikuti Clock Tower tour dan memasuki Museum of Brisbane tanpa dipungut biaya.

Tidak jauh dari Brisbane City Hall, ada South Bank Parkland yang merupakan tempat favorit warga Brisbane untuk bersantai di tepian Brisbane River. Di sepanjang South Bank, kalian akan menemukan banyak spot menarik seperti Nepal Peace Pagoda dan South Bank Arbour. Kalian juga dapat menikmati pemandangan indah South Bank dengan menaiki Wheel of Brisbane yang dibuka mulai jam 10 pagi atau menyusuri Brisbane River dengan menaiki CityHopper (kapal feri gratis) yang beroperasi mulai jam 6 pagi. Belum cukup? Tenang. South Bank Parklands juga dilengkapi dengan Streets Beach, yang merupakan satu-satunya artificial beach dalam kota yang ada di Australia. South Bank juga menjadi tempat berbagai event spesial seperti Brisbane Riverfire dan perayaan tahun baru.

Enoggera Dam

Selain menjadi tempat tujuan bersantai di tepian Brisbane River, South Bank menjadi destinasi wajib bagi para penikmat seni dan koleksi budaya. Kalian dapat memulai perjalanan dari Queensland Museum yang menyimpan berbagai koleksi sejarah dan budaya, terutama dari suku Aborigin dan penduduk asli Torres Strait Islands. Setelah itu, lanjutkan perjalanan ke QAGOMA (Queensland Art Gallery and Gallery of Modern Art), yang merupakan galeri seni modern dan kontemporer terbesar di Australia. Tidak hanya koleksi seni dari Australia, QAGOMA juga memiliki banyak koleksi dari Asia, Kepulauan Pasifik, dan berbagai negara lainnya. Yang penting lagi adalah ribuan koleksi QAGOMA ini dapat dinikmati secara gratis setiap hari mulai jam 10 pagi hingga jam 5 sore. Di dekat QAGOMA dan Queensland Museum ini, kalian juga akan menemukan Queensland Performing Arts Centre (QPAC) dan State Library of Queensland (SLQ).

Mount Coot-tha

Setelah puas mengelilingipusat kota Brisbane, kalian dapat berpiknik di Roma Street Parkland atau City Botanic Gardens yang hanya berjarak sekitar 1 km dari Brisbane City Hall dan 450 m dari kampus Queensland University of Technology. Brisbane juga memiliki satu kebun raya lainnya, yaitu Mount Coot-tha Botanic Gardens, yang lokasinya sekitar 6 km dari kampus University of Queensland. Di tempat ini, selain melihat berbagai jenis tanaman tropis dan subtropis, kalian juga dapat mengunjungi Sir Thomas Brisbane Planetarium. Tetapi sangat disarankan untuk melakukan reservasi karena planetarium ini seringkali ramai pengunjung terutama saat liburan sekolah. Bila kalian sudah sampai di Mount Coot-tha, spot wajib lainnya yang harus dikunjungi adalah Mount Coot-tha Lookout. Dari lookout ini, kalian dapat melihat pemandangan kota Brisbane hingga ke Moreton Bay. Bus nomor 471 akan mengantarkan kalian kembali ke pusat kota setelah selesai menjelajahi Mount Coot-tha, namun kalian juga dapat menggunakan taksi atau mobil pribadi.

Bila kalian ingin menikmati pemandangan sambil berolahraga, tidak ada salahnya mencoba tiga aktivitas ini. Pertama, bersepeda menuju Kangaroo Point. Rute bersepeda dapat dimulai dari Dockside Ferry Terminal dan kalian akan menyaksikan Story Bridge, salah satu jembatan iconic di Brisbane yang menghubungkan suburb di bagian utara dan selatan. Sesampainya di Kangaroo Point, kalian dapat bersantai sambil menunggu sunset yang indah di tepi Brisbane River. Kangaroo Point Cliffs juga menjadi tempat climbing favorit bagi warga Brisbane karena letaknya yang tidak jauh dari pusat kota. Namun bila kalian ingin sedikit menjauh dari kota, tidak ada salahnya mencoba olahraga yang ketiga: kayaking. Salah satu suburb di Brisbane, Enoggera, menjadi tempat kayaking yang sayang untuk dilewatkan. Enoggera Reservoir sebenarnya adalah dam yang sudah berfungsi sejak tahun 1866, namun tempat ini juga memiliki pemandangan yang sangat indah. Selain untuk kayaking, tempat ini juga menjadi favorit keluarga dan anak-anak untuk berenang atau sekedar piknik di akhir pekan.

Pemandangan dari Mount Coot-tha lookout

Terakhir, saatnya kalian bertemu dengan hewan asli Australia di Lone Pine Koala Sanctuary: koala dan kanguru. Berjarak sekitar 12 km dari pusat kota, Lone Pine Koala Sanctuary memberikan kesempatan pada pengunjung untuk berfoto bersama koala dan memberi makan kanguru secara langsung. Di koala sanctuary tertua dan terbesar di Australia ini, kalian juga dapat menemukan hewan asli Australia lainnya seperti wombat, platypus, dan Tasmanian devil. Harga tiket untuk orang dewasa adalah $38 atau $24 untuk mahasiswa, tetapi kalian akan mendapatkan diskon 10% bila membeli tiket secara online.

Cukup lengkap dan menarik bukan tempat travelling-nya? So, prepare yourself and see ya in Brissie!

Ditulis oleh : Hesti R.B. Arini, PPI Australia, The University of Queensland, Master of Public Health (@hesti.arini.31)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *