PPI Tunisia sukses menggelar event tahunan bertajuk “Indonesian Day 2019” di SMU.

  •   
  •   

Tunis – Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Tunisia kembali menunjukkan eksistensinya untuk menyebarkan kebudayaan Indonesia di Tunisia dalam event tahunan yang bertajuk Indonesian Day 2019 pada 28 Februari lalu, acara ini didukung penuh oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di Tunisia. Muhammad Haidar selaku ketua panitia menjelaskan Indonesian Day sendiri merupakan bagian dari program “PPI Goes to Campus’’ yang diadakan setiap tahunnya untuk mempromosikan beberapa budaya Indonesia kepada masyarakat Tunisia khususnya di kalangan mahasiswa

Pada tahun ini, Indonesian Day  diselenggarakan di salah satu kampus swasta yang bekerja sama dengan Amerika Serikat yaitu South Mediterranean University (SMU) yang berlokasi di daerah lac 2. Acara ini berjalan sangat baik terbukti dengan antusias yang besar baik dari mahasiswa maupun dari pihak kampus.  Acara ini juga mendapat tanggapan yang sangat luar biasa dari berbagai pihak yang memang memiliki kewenangan besar, baik dari KBRI maupun pihak SMU sendiri.

Patricia Ceresani selaku Rektor SMU mengungkapkan kekaguman atas pagelaran acara yang disajikan pada even tersebut, karena baru kali pertama para mahasiswa melihat dan mengenal lebih dekat kebudayaan Indonesia yang selama ini hanya dinikmati lewat media digital. “Sangat bangga dan sangat dinamis sekali, benar-benar menakjubkan sekali bisa menghadirkan kalian disini. Dan saya yakin seluruh mahasiswa disini bisa ikut bersama saya menikmati acara dan memberikan tepuk yangan yang meriah” Ujar Patricia Ceresani selaku rektor South Mediterranean University dalam sambutannya.

Dubes RI untuk Tunisia dan beberapa staf nya  turut hadir dalam acara ini, menikmati seluruh rangkaian acara yang disajikan. “Saya sangat senang dan berterima kasih kepada teman-teman PPI di Tunisia yang telah bekerja sama dengan KBRI Tunis dan terus terang acaranya sangat berkesan dan menarik, yang menonton juga lebih banyak. Mudah-mudahan nanti kita bisa tampil lagi di Tunis National City, mungkin dengan situasi yang lebih ramai dan juga acaranya lebih di padatkan.” ujar Ikrar ketika ditemui selepas acara.

Tidak dapat dipungkiri lagi, melalui acara Indonesian Day 2019, selain memang ditujukan untuk menyebarluaskan tema budaya Indonesia, acara ini juga untuk mengenalkan semboyan yang dimiliki bangsa Indonesia yaitu Bhineka tunggal Ika. Dalam acara ini PPI berhasil menampilkan 3 tarian daerah diantaranya; tari lenggang nyai, tari piring, tari kinang kilaras lalu menampilkan lagu-lagu daerah dan alat musiknya berupa angklung, gendang, kulintang, marawis serta menampillkan beberapa baju adat yang dikemas dalam fashion show.

Di sela-sela acara pun para penonton dibagikan brosur dan hidangan tradisional Indonesia yang dibagikan secara gratis kepada penonton. Pertunjukan semakin meriah dengan adanya beberapa atraksi pencak silat yang cukup menegangkan penonton. Dan di akhir acara para pengunjung diajak untuk menari meumere bersama.

“Acaranya sangat menakjubkan terutama dengan uniknya aneka ragam budaya yang dimiliki Indonesia.” Ujar salah satu mahasiswi yang terpukau dengan penampilan di acara tersebut. Acara yang berlangsung sukses ini menyita perhatian ratusan mahasiswa yang datang silih berganti bahkan ada yang menonton dari awal hingga akhir acara. Kondisi cuaca yang cerah membantu para pengunjung menikmati suasana stand makanan dan souvernir khas Indonesia. Sehingga acara tetap ramai sejak dimulai pada pukul 12.00 dan baru berakhir pada pukul 15.00 waktu setempat.

1 Response

  1. Soleh says:

    Authornya admin wkwwk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *