Audiensi PPI Dunia bersama Dirjen Kemristekdikti

  •   
  •   

Pada 17 Maret 2019, PPI Dunia mengadakan audiensi bersama Dirjen Belmawa Kemristekdikti yaitu Prof. Ismunandar, Ph.D. Peserta audiensi merupakan pengurus PPI Dunia, Ketua PPI Negara dari berbagai negara di kawasan Amerika-Eropa, Asia-Oseania, dan Timur-tengah Afrika. Adapun topik yang dibahas adalah tekait sinergisitas antara PPI Dunia dan Kemristekdikti dalam membangun program-program yang dapat meningkatkan potensi anak-anak bangsa baik di dalam maupun di luar negeri. Rekan-rekan PPI mendapatkan kesempatan untuk menyampaikan aspirasi dan masalah-masalah yang ditemui di negara tempat belajar, harapannya Dirjen Belmawa dapat membantu menagkselerasi solusi-solusi dari permasalahan tersebut. Ada beberapa kesimpulan yang didapat dari audiensi ini, diantaranya:

  • Saat ini Kemenristekdikti sedang menjalankan program Online courses, yaitu Pendidikan jarak jauh melalui online. Diharapkan teman-teman PPI dapat membantu bagaimana pendidikan di luar negeri, bagaimana menjamin mutu dan sebagainya. Karena banyak orang yang khawatir akan mutu pendidikan jarak jauh. Namun, untuk program tersebut kami memiliki target kompetensi dan mutu lulusan yang sama dengan pendidikan secara langsung.
  • Di Indonesia banyak kegiatan kreativitas mahasiswa, seperti lomba robot atau mobil hemat energi. Apabila teman-teman yang sedang berada di luar negeri dan ingin ikut berpartisipasi, hal ini akan segera didiskusikan oleh Dirjen Belmawa Kemenristekdikti.
  • Terkait permasalahan yang ada di Taiwan, Kamar Dagang Ekonomi yang ada di Jakarta sudah bekerja sama dengan kemenristekdikti serta pihak yang berada di Taipei tidak akan memberikan visa jika tidak mendapatkan rekomendasi dari Kemenristekdikti.
  • Terkait penyetaraan ijazah bukanlah masalah yang besar, apabila ada alumni yang sebelumnya sudah lulus dari universitas tersebut dan yang paling terpenting universitas tersebut sudah terakreditasi di negara tersebut, hal ini akan lebih mudah. Hanya saja dalam penyetaraan ijazah perlu melampirkan dokumen lengkap yang sudah diterjemahkan.

1 Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *