Kajian Strategis PPI Dunia (PPI Brief) no.3 : Integrated Wastewater Treatment Concept for Water Resource Recovery

  •   
  •   

Pusat Kajian dan Gerakan PPI Dunia menerbitkan PPI Brief No. 3, Edisi Maret 2019. PPI Brief edisi ini ditulis oleh Anissa Sukma Safitri (Anggota Komisi Energi PPI Dunia) yang berisi analisis tentang usulan adaptasi sistem pengelohan air limbah terintegrasi yang menggunakan teknologi yang hemat biaya dan rendah energi.

Menurut Anissa, masalah air limbah adalah hal yang serius yang harus diperhatikan pemerintah dan masyarakat luas terkait aspek legal dan penerapan teknologi di lapangan. Anissa menemukan bahwa badan pelaksana di daerah menemukan kesimpangsiyuran dalam pijakan hukum. Bagaimanapun, menurut Kandidat PhD dari Stavanger University ini, beragumen lebih lanjut bahwa aspek teknologi tidak kalah penting karena air limbah tidak hanya bisa didaur ulang tapi juga kaya akan kandungan organik yang bisa diambil untuk diubah menjadi sumber energi.

Anissa mengusulkan sebuah konsep teknologi pengolahan air limbah terintegrasi untuk menghasilkan air yang siap dipakai lagi dan mengekstrak kandungan organik dengan teknologi yang relatif sederhana, yaitu: 1) konversi anaerobik, 2) membran penyaring, 2) kolam penampungan alga, dan 4) rawa buatan (constructed wetlands). Bagaimanapun, diperlukan peran serta pemerintah dalam mengimplementasikan konsep terintegrasi ini, yaitu sosialisasi ke masyarakat, dukungan finansial, serta asesmen risiko dan pengembangan teknis.

PPI Brief ini diharapkan bisa memberikan beberapa insight kebijakan, terutama bagi Kementerian/Lembaga yang berada di sektor kesehatan, lingkungan dan energi terbarukan untuk mendorong pengembangan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, khususnya penyediaan air bersih dan sanitasi, penyediaan clean energy yang terjangkau, dan keberlangsungan hidup biota bawah air.

untuk PDF dapat diunduh disini http://ppidunia.org/wp-content/uploads/2019/03/Policy-Brief-3-final.pdf

Policy-Brief-3-final

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *