PPI UK dan Pembangunan Indonesia

  •   
  •   
Source:
https://3.bp.blogspot.com/-cZ9zA_Lpv78/W2gooOxurPI/AAAAAAAADqc/yU9x-OkIW1YQPIXCv8uLz7DcSprU0czOACLcBGAs/s1600/Pengertian%252C%2BTujuan%252C%2BDan%2BLiputan%2BPembangunan%2BNasional.jpg

PPI dan Indonesia

Kita sepakat bahwa janji kemerdekaan Indonesia tak bisa dilunasi hanya oleh segelintir orang saja. Kolaborasi kebaikan dari kita semua sebagai ‘anak bangsa’ mutlak diperlukan. Sebagai sedikit ‘anak bangsa’ yang berkesempatan untuk belajar di salah satu negara dengan peradaban paling maju di dunia, PPI United Kingdom tentu punya porsi kontribusi tersendiri bagi republik. Meskipun sulit, kita tentu sepakat bahwa menyerah bukanlah pilihan.

Semangat menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang merdeka, maju, dan berdaulat sudah lahir sejak hampir 100 tahun silam, dimulai dari kalangan intelektual muda di Belanda. Pada masa itu, Moh. Hatta, Natzir Pamuntjak dan Achmad Soebardjo melakukan perlawanan intelektual dengan membangun Perhimpunan Indonesia di Belanda. Beragam narasi perjuangan mereka dalam menentang kolonialisme dan menjunjung perikemanusiaan, akhirnya menjadi bola salju yang terus bergulir hingga proklamasi kemerdekaan terucap. Apakah semangat itu sudah using dan mati?

Tentu tidak.

Sejak kemerdekaan Indonesia digaungkan, Perhimpunan Pelajar Indonesia hadir di berbagai belahan dunia. Organisasi ini menjadi wadah aktualisasi diri, inkubasi gagasan, mencipta gerakan dan berbagi impian bagi para diaspora intelektual. Semua demi memperkenalkan Indonesia sebagai bangsa yang bermartabat, mampu menepati janji manisnya yang tertulis pada UUD RI Tahun 1945. Dengan semangat yang sama, PPI UK pun lahir pada tahun 1971, hingga kemudian menjadi tuan rumah Simposium PPI Dunia yang pertama kali pada tahun 2010.

Untuk meneruskan perjuangannya dalam berkontribusi bagi bangsa, saya percaya bahwa PPI UK setidaknya memiliki tiga peranan utama. Adapun peranan tersebut adalah intelektual muda, duta bangsa dan aktivis pergerakan.

Wahana bagi Kaum Intelektual Muda

Sebagai wadah kaum intelektual muda, sudah seharusnya PPI UK mampu memfasilitasi bertumbuhnya iklim diskusi dan berbagi pengetahuan dan penelitian, serta membantu optimalisasi proses akademik anggotanya. Hal ini penting untuk memastikan tercapainya tujuan utama para pelajar, yaitu menuntut ilmu sebaik mungkin, dan juga diharapkan mampu melahirkan narasi dan rekomendasi ilmiah untuk mendukung kemajuan bangsa. Oleh karena itu, kegiatan konferensi ilmiah, forum diskusi tematik hingga pelatihan kepenulisan pun jadi poin yang perlu penekanan lebih.

Soft Diplomacy Para Duta Bangsa

Sebagai duta bangsa, tidak bisa dipungkiri bahwa citra Indonesia melekat dengan setiap aktivitas pelajar Indonesia di lingkungannya. Untuk itu, selain mendukung performa terbaik pelajar Indonesia di tengah pelajar dunia lainnya di dalam kelas, PPI UK pun diharapkan mampu ‘mendekatkan Indonesia’ kepada lingkungan internasional. Pendekatan ini dapat dilakukan baik melalui pendekatan kultural, yakni dengan menunjukkan kualitas dan sikap yang baik saat studi, melalui kegiatan eventual seperti pagelaran seni dan budaya, maupun program rutin seperti hari berbatik.

Bergulirnya Aktivitas Pergerakan

Sebagai jembatan aktivitas pergerakan, tentunya PPI UK perlu menjadi titik temu bagi beragam elemen yang terkait untuk melakukan kolaborasi dan kontribusi bagi Indonesia, tanpa terbatas oleh jarak. Bukan untuk sekadar menunjukkan rada kepedulian, melainkan juga untuk menjaga nyala api nasionalisme di dalam diri pelajar Indonesia. Kegiatan yang bisa memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia di UK, maupun masyarakat Indonesia di tanah air tentunya sangat diperlukan. Sebagai contoh, penggalangan donasi bagi kejadian bencana, mentoring untuk pelajar yang ingin melanjutkan studi di UK, dan sebagainya adalah pendekatan yang bisa dilakukan bersama-sama.

Tentunya, tiga hal tersebut perlu dikemas dengan metode-metode yang lebih membumi dan humanis. Kita tak bisa menyangkal bahwa menamatkan studi dengan hasil yang cemerlang menjadi fokus utama bagi pelajar Indonesia di Britania Raya. Adanya tugas rutin, proyek, penelitian serta proses adaptasi gaya hidup dan manajemen keuangan pun bisa menjadi PR tersendiri. Oleh karena itu, PPI UK harus bisa menghadirkan titik temu agar semua pelajar yang turut berpartisipasi di dalamnya tidak perlu mengorbankan capaian akademik mereka.

Titik Temu Bagi Para Pelajar

Secara garis besar, ada tiga hal utama yang bisa menjadi titik temu bagi para anggota PPI UK. Pertama, adalah landasan semangat nasionalisme. Pada bagian manapun dalam badan organisasi PPI UK, ‘bermanfaat bagi Indonesia’ semestinya menjadi rel dalam bergerak. Dengan pola berpikir tersebut, PPI UK akan lepas dari segenap kepentingan pribadi maupun kelompok yang bisa mengganggu arah kontribusi bagi negeri. Kedua, yakni jejaring pertemanan sebagai suplemen. Bagaimanapun juga, menciptakan karya yang baik untuk Indonesia, apapun bentuknya, akan semakin baik jika dijalankan dengan semangat gotong-royong. Hal ini pun mempertimbangkan jumlah mahasiswa Indonesia yang tersebar di puluhan universitas seantero Britania Raya. Untuk itu, memperluas jaringan menjadi hal yang wajib plus keuntungan tersendiri bagi anggota PPI UK. Terakhir, adalah kultur organisasi yang asik sebagai pelumas. PPI UK tentunya tak boleh menjadi organisasi serba kaku dan formal karena bagaimanapun juga para manusia di dalamnya tentu punya titik jenuh, beban di luar organisasi dan semacamnya. Untuk itu, PPI UK harus hadir dengan suasana yang segar, dinamis dan bersahabat.

Saya percaya bahwa PPI UK bisa menjadi salah satu partikel dalam membangun Indonesia menjadi negara yang maju melalui penyusunan beragam program dengan dengan segmentasi yang sesuai, atau peningkatan semangat kontribusi untuk negeri di masa mendatang bagi para anggotanya. Saya percaya bahwa hasil karya terbaik dari sebuah gerakan pelajar adalah pelajar itu sendiri, seperti halnya Hatta yang kita kenal saat ini, merupakan hasil pembentukan beragam gerakan yang Hatta lakukan di masa lalu. Begitu pula dengan gerakan yang dilakukan oleh tiap anggota PPI UK saat ini pun, merupakan bentuk pendidikan diri dan kontribusi mereka di masa mendatang. Yuk, bersatu, berkarya dan berbagi inspirasi demi kemajuan Indonesia melalui PPI UK !

Angga Fauzan – PPI UK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *