Jalur Pendakian Bukit dan Hutan di Hongaria

  •   
  •   

Hongaria maupun Budapest ibukota-nya, terkenal cantik dengan Sungai Danube yang membelahnya serta bangunan-bangunan di sisinya misalnya Gedung Parlemen, Buda Castle, Fisherman’s Bastion, Thermal Bath, dll. Namun tentunya lokasi traveling di Hongaria tidak hanya itu, banyak lokasi-lokasi dan kota-kota lainnya yang menyajikan keindahannya masing-masing. Salah satunya adalah jalur-jalur pendakian / hiking di bukit (dalam bahasa Hongaria disebut Hegy) dan hutan Hongaria yang banyak digunakan untuk beraktivitas oleh masyarakat umum pada kawasan-kawasan ini.

Sebagai seseorang yang senang menikmati alam, saya dan teman-teman PPI Hongaria berkesempatan menelusuri beberapa jalur pendakian bukit dan hutan di Hongaria. Dari kesempatan-kesempatan penelusuran jalur pendakian tersebut, selain kesenangan pribadi kami pun mendapat pembelajaran yang belum diperoleh saat melakukannya di tanah air. Salah satunya adalah kita sangat mudah menemui keluarga (orang tua yang membawa anak-anaknya), remaja, hingga orang tua yang melakukan trekking / trail run di weekend maupun waktu libur.

Orang tua yang melakukan aktivitas trekking di kawasan Hármashatár-hegy
Keluarga yang mengajak anak-anaknya bermain kereta luncur di kawasan Bükk Mountains saat winter (dok: Faisal Fadhil)

Mudahnya menemui aktivitas masyarakat di jalur pendakian bukit dan hutan di Hongaria ini disebabkan oleh beberapa hal positif yang mendukung. Berikut adalah beberapa hal positif tersebut hasil pengamatan pribadi.

1.Informatif dan interaktif

Jalur pendakian bukit dan hutan Hongaria ini sangat informatif dan interaktif bagi masyarakat / para pendaki. Jalur pendakian di seluruh Hongaria dirawat oleh Magyar Természetjáró Szövetség, sebuah lembaga independen dengan visi pengembangan olahraga rekreasi di alam bebas (http://www.mtsz.org/).

Informatif yang dimaksud adalah terdapat berbagai tanda yang menunjukkan arah jalur termasuk tingkat kesulitannya. Tanda yang digunakan pada jalur pendakian ini menggunakan Czech Hiking Markers System yang umum digunakan di negara-negara kawasan Eropa Tengah dan Timur. Sehingga kita pun dapat dengan mudah mengikuti jalur yang kita inginkan dengan resiko kehilangan arah akan lebih kecil. Jalur-jalur ini pun telah dicatatkan melalui global positioning system (GPS) secara elektronik dan online yang dapat diakses dengan mudah melalui berbagai situs (seperti http://turistautak.hu) yang dapat disinkronisasi pada aplikasi (seperti Locus Map) di gawai kita.

Tanda dengan Czech Hiking Markers System di kawasan Hárshegy

Adapun interaktif yang dimaksud adalah terdapat 3 jalur pendakian jarak jauh yang menghubungkan berbagai kota dan mengelilingi negara Hongaria yang dikenal dengan nama Kéktúra / Blue Trail. Tiga jalur tersebut yaitu Országos Kéktúra (dengan panjang rute 1.128 km), Alföldi Kéktúra (847,5 km), dan Rockenbauer Pál Dél-dunántúli Kéktúra (541 km). Jalur-jalur ini juga terhubung dengan European Long Distance Walking Route ke jalur pendakian negara lainnya. Adapun berbagai lokasi dan bentang alam yang indah di Hongaria dilewati oleh jalur-jalur ini. Terdapat ratusan lokasi check-point di sepanjang jalur pendakian, dan terdapat stampel / cap di masing-masing lokasi tersebut. Jika seseorang dapat mengumpulkan stampel / cap dari semua lokasi check-point dalam buku / peta Kéktúra pribadinya, maka orang tersebut secara resmi berhasil menyelesaikan rute Kéktúra tersebut dan berhak untuk memperoleh lencana badge. Tentunya lencana badge tersebut akan sangat berasa spesial bagi pemiliknya karena tidak sembarang orang dapat memilikinya.

Tiga jalur pendakian jarak jauh Kéktúra / Blue Trail (http://www.kektura.hu/)
Beberapa lokasi check-point (https://turizmus.zirc.hu)
Salah satu stampel di Banküt, Bükk Mountains

2. Objek infrastruktur wisata di puncak dan kawasan bukit

Objek infrastruktur wisata yang dimaksud adalah menara observasi (dalam bahasa Hongaria disebut kilátó) untuk melihat pemandangan di setiap puncaknya. Menara-menara ini sebagian besar didesain unik dan memiliki pandangan 360 derajat ke sekeliling bukit.

Selain menara observasi, diantara perbukitan dan hutan Buda juga terdapat salah satu jalur kereta api yang spesial yaitu Children’s Railway (Gyermekvasút). Spesial karena jalur kereta api ini berbeda dengan yang lain yaitu jalurnya yang melewati hutan-hutan serta dioperasikan oleh anak-anak. Anak-anak belajar bekerjasama dan bertanggung jawab dengan bekerja di berbagai posisi tentunya dengan pengawasan pekerja dewasa.

3.Fasilitas yang sangat terjaga

Terjaga yang dimaksud adalah mulai dari kebersihan, transportasi, hingga telekomunikasi. Kebersihan di sepanjang jalur pendakian bukit dan hutan ini merupakan hasil kebiasaan masyarakat Hongaria. Sebuah adat kebiasaan yang terus dijaga masyarakat sehingga para pelancong pun ikut menghargai kebiasaan dalam menjaga kebersihan ini. Selain itu bukit dan hutan di Hongaria umumnya juga memiliki fasilitas transportasi yang cukup baik, dengan adanya bus-stop pada lokasi titik awal jalur-jalur pendakian pada umumnya. Pun fasilitas sinyal komunikasi umumnya masih dapat diperoleh pada jalur-jalur pendakian.

Adapun di Hongaria, setiap musim merupakan waktu yang tepat untuk menelusuri jalur-jalur pendakian ini karena memiliki keindahannya masing-masing. Tentunya menelusuri jalur pendakian bukit dan hutan ini sangatlah mengasyikkan dan bisa sedikit mengobati kangennya terhadap hijaunya alam Indonesia, namun jangan lupa untuk tetap perlu memperhatikan persiapan dan kesehatan. Ayo kita eksplor lagi buat teman-teman yang berminat merasakan alam Hongaria!

Penulis adalah Hadi Prasojo (MSc Student in Economic Analysis, Corvinus University of Budapest) @ppihongaria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *