PPI Brief no. 4 / 2019 : Tinjauan Potensi Teknologi Additive Manufacturing (3D Printing) untuk Material Instrumen Penghasil Energi

  •   
  •   


Pusat Kajian dan Gerakan PPI Dunia menerbitkan PPI Brief No. 4 (April 2019) yang membahas kelebihan dan potensi teknologi additive manufacturing atau yang juga dikenal dengan 3D printing, khususnya dalam aplikasi alat/instrumen penghasil energi seperti reaktor kimia, reaktor fotokatalitik, dan sel surya. PPI Brief ini ditulis oleh Aditya Rio Prabowo yang baru saja menyelesaikan studi doktoralnya di Pukyong National University, Korea Selatan.

Menurut Rio, Indonesia harus mulai menyiapkan diri dalam proses produksi material instrumen penghasil energi di dalam negeri. Kebutuhan akan keahlian di bidang sains dan teknik nanomaterial sudah harus segera terpenuhi karena berbagai kelebihan yang ditawarkan seperti efektivitas bahan baku, derajat ketelitian, dan miniaturisasi yang menjadi penting dalam proses produksi. Dalam hal ini, additive manufacturing (AM) menawarkan fleksibilitas dan teknologi yang dibutuhkan.

Rio yang juga aktif di Komisi Energi PPI Dunia 2018/19 ini mengulas bagaimana AM bisa dan telah dimanfaatkan dalam skala laboraturium sebagai teknologi utama maupun pelengkap dalam instrumen penghasil energi seperti reaktor kimia dan sel surya. Lebih jauh lagi penguasaan sains dan teknologi di bidang ini mampu menjadi jalan pembuka kontribusi penelitian di Indonesia pada komunitas pengetahuan khususnya dan perekonomian masyarakat pada umumnya.

PPI Brief ini diharapkan bisa memberikan beberapa informasi terkait perkembangan riset nanomaterial dunia, khususnya bidang AM, sehingga dapat menginspirasi adopsi dan adaptasi dari tren dunia yang sedang berlangsung terutama bagi Kementerian/Lembaga yang berada di sektor energi terbarukan serta riset dan teknologi untuk mendorong pergerakan menuju Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, khususnya penyediaan penyediaan clean energy yang terjangkau di negara Indonesia yang kaya akan sinar matahari.

Policy-Briefs5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *