Surat Pernyataan Sikap PPI Dunia Menyikapi Pemilu 2019

  •   
  •   

SURAT PERNYATAAN

Nomor: 02/Kesekretariatan/PPI-Dunia/IV/2019

Minggu, 14 April 2019

Pemilihan Umum 2019 adalah momen penting bagi proses demokrasi di Indonesia. Rakyat Indonesia tidak hanya akan memilih Pemimpin dan calon Anggota Legislatif yang akan mewakili mereka selama 5 tahun ke depan, tetapi juga menentukan tipe kebijakan seperti apa yang akan dibawa oleh Presiden dan Anggota Legislatif tersebut. Di luar negeri, Pemilihan Umum sudah berlangsung di beberapa negara secara bertahap, dan proses tersebut akan mencapai puncaknya dengan perhitungan suara pada 17 April 2019 bersamaan dengan proses pelaksanaan Pemilihan Umum yang berlangsung di dalam negeri.

Para pelajar Indonesia di luar negeri memahami pentingnya proses Pemilu tersebut, dan pentingnya untuk menjaga proses Pemilu untuk berjalan dengan aman dan damai. UU Nomor 7 tahun 2017 telah menyatakan bahwa Pemilu dilaksanakan berdasarkan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Secara hukum, proses pelaksanaan Pemilu, baik di dalam dan luar negeri, harus dilaksanakan berdasarkan enam asas tersebut. Oleh sebab itu, penting bagi semua elemen diaspora di luar negeri, tak terkecuali mahasiswa, untuk bersama-sama menjaga proses Pemilu agar tidak terjadi kecurangan, kericuhan, atau masalah yang bisa berdampak buruk terhadap proses demokrasi di Indonesia.

Perhimpunan Pelajar Indonesia Se-Dunia (PPI Dunia), sebagai representasi dari mahasiswa Indonesia dari berbagai belahan dunia, berkepentingan untuk menegaskan dukungan terhadap semua elemen penyelenggara Pemilu untuk menjalankan tugasnya dengan baik. Jalannya proses Pemilu yang baik akan menjaga masa depan politik Indonesia, setidaknya untuk membantu terpilihnya Presiden, Wakil Presiden, dan Anggota Legislatif di semua tingkatan yang sesuai dengan aspirasi rakyat Indonesia.

Oleh karena itu, dalam rangka menjaga proses Pemilihan Umum 2019 yang sesuai dengan prinsip dan aturan perundang-undangan yang berlaku, PPI Dunia mengeluarkan tiga butir pernyataan sikap sebagai berikut:

  1. Mendorong semua pihak untuk menahan diri dari tindakan-tindakan gegabah dan memastikan Pemilihan Umum 2019 berjalan sesuai asas Pemilu, yaitu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.
  2. Mendukung semua elemen yang terlibat dalam proses Pemilu di Luar Negeri, terutama PPLN, Panwaslu LN, KPPSLN, dan semua elemen lain untuk menjalankan tugas sebaik-baiknya, menjunjung tinggi integritas dan aturan hukum yang berlaku, serta menyukseskan Proses Pemilu 2019.
  3. Mendorong semua warga negara Indonesia di luar negeri, tak terkecuali mahasiswa, untuk menggunakan hak pilihnya dan memastikan proses demokrasi Indonesia berjalan sehat.

Kami percaya bahwa demokrasi yang sehat akan membuka jalan bagi terpilihnya Presiden, Wakil Presiden, dan Anggota Legislatif yang representatif bagi seluruh rakyat Indonesia.

02-SURAT-PERNYATAAN-SIKAP-PPID-MENYIKAPI-PEMILU-2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *