Kawan Akal Komisi Pendidikan PPI Dunia

  •   
  •   

Kawan Akal merupakan inisiatif divisi kajian Komisi Pendidikan PPI Dunia untuk senantiasa menghidupkan kajian kolaboratif sesama pelajar se-Dunia.

Platform belajar dan kajian yang telah tersedia melalui program PPI Dunia memiliki konsep pematerian pada umumnya, dimana materi ditransfer secara satu arah dari panelis. Melalui pola ini, dibutuhkan panelis yang mumpuni, baik dari segi pengalaman riset maupun karir lainnya.

Kawan Akal, yang pada diilustrasikan sebagai aktivitas videocall, ingin berinisiatif memunculkan konsep yang baru dalam pelaksanaan kajian. Program ini menempatkan seluruh pembicara, yang dalam hal ini pengkaji/diskusiwan, untuk memiliki peluang untuk berkontribusi terhadap isu megenai pendidikan berdasarkan apa yang pernah dipelajari. Untuk mencapai konsep ini, Kawan Akal didesain agar terciptanya kolaborasi ilmu pengetahuan melalui kontribusi lintas sektor. Bukan merupakan hal yang mudah dilakukan, Kawan Akal juga tidak menempatkan diri sebagai sumber primer ilmu. Hal ini dikarenakan setiap pengkaji memiliki/mengenyam latar belakang bangsa tempat mereka belajar. Secara otomatis, ilmu dan sudut pandang sangat mungkin berbeda satu sama lain antar negara. Harapannya, konsep ini dapat menjadi pemicu agar aktifnya tradisi akademik di internal PPI Dunia, sekaligus berbagi produksi diskursus-diskursus akademik tentang pendidikan.

Untuk memberikan penyegaran media, Kawan Akal disajikan dalam bentuk rekaman diskusi, yang merupakan campuran antara elemen teks, podcast, juga livestreaming (tidak publik). Video dapat di saksikan melalui playlist di bawah ini. Selamat menyimak!

Hormat kami,
Divisi Kajian Pendidikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *