Manali, Sisi lain India yang Bersalju: Rasakan Sensasi Dingin nya Salju Sesungguhnya!

  •   
  •   

Apa yang pertama kali terlintas di pikiran kamu ketika mendengar kata negara India? Makanan nya yang unik-unik atau budayanya yang memikat seluruh mata dunia, atau film-film Bollywood yang banyak dibintangi oleh Shah Rukh Khan? Pasti itu kan, sama aku juga kok. Tapi, pernah gak sih terlintas bahwa di India itu ada salju? Gak percaya kan? Tapi beneran ada loh.

India bagian Utara tepatnya itu memiliki musim layaknya negara di Eropa. Musim dingin sampe minus 12 Derajat sampe turun salju deh pokok nya, ada juga musim semi, musim panas dan musim gugur. Tau nggk dimana? Nama kota nya Manali dan Himachal radeh nama state-nya. Manali merupakan tempat wisata salju terkenal dan selalu menjadi tujuan utama wisatawan karena keindahan gunung salju dan lembah nya yang berkelok indah. Banyak temen-temen nggak percaya kalau sebagian wilayah India bersalju. Maklum noraknya orang tropis kalau denger salju dah pingin guling-guling terus bikin es serut hehehe. Disini ada beberapa attraction yang bisa aku bagi ke kalian untuk referensi kunjungan di Manali.

1. Arung Jeram: Kalo memang berani dan setrong banget ya, kamu bisa coba Arung jeram sungai di Manali. Bersiaplah untuk sensasi berakit di dinginnya Manali. Bahkan, pengalaman ini adalah salah satu kenangan favorit liburan di Manali. Katanya si gitu, tapi jujur kami semua orang Asia khususnya dari Indonesia gak berani, hahaha.. gak kuat coy. Tapi kamu kalo memang mau tetep bermain air di Manali, datang aja pas bulan Juni dan Juli. Hehehe.. harganya murah kok cuman 100 Ribu Rupiah atau 500 Rupees.

2. Paralayang: Disini kamu bisa menyaksikan pemandangan menakjubkan pegunungan Dhauladhar dan Sungai yang berkelok-kelok. Dan Solang Valley adalah tempat yang populer untuk menikmati paralayang. Cukup bayar 1200 Rupees atau sekitar 240 Ribu Rupiah untuk menikmati keindahan ini.


3. Solang valley: Lembah Solang terletak di antara desa Solang dan Beas Kund. Menawarkan pemandangan gletser yang indah dan pegunungan yang tertutup salju. Karena lembah ini memiliki lereng ski yang bagus, itu adalah tempat yang sempurna untuk bermain ski. Biaya ski adalah 300 Rupeesan lebih atau sekitar 60
Ribu Rupiah. Murah kan.

4. Kuil Hadimba: Kesini Gratis coy, meski tempat ini adalah salah satu tempat wisata utama di Manali bagi para pengunjung. Kalau kesini harus berenti-berenti yah pas naik tangga nya nanti sesak kayak aku dulu sampe hampir pingsan dong, soalnya suhu nya minus 6 derajat dan kamu harus naiki anak tangga banyak
banget. Dan kalo mau keatas bawa payung soalnya hujan saljunya lebet banget. Di atas kamu bisa menikmati indahnya hamparan salju, pepohonan yang tinggi dan liat yak. Tau nggak yak itu apaan? Itu loh Binatang yang mirip sapi tapi bulu nyan tebel banget. Kayak sejenis Bison si. Kalo mau naik binatang itu buat foto, kamu harus bayar uang 100 Rupees atau 20 Ribu Rupih. Terus foto deh selama 10 menit.

Mulai bulan Oktober hingga Februari adalah musim dingin dan dianggap sebagai waktu terbaik untuk mengunjungi Manali, kalo kalian suka cuaca dingin dan Januari adalah yang terbaik untuk menikmatinya. Suhu turun di bawah nol derajat Celcius. Dan musim panas di wilayah ini dimulai pada bulan Maret dan berlangsung hingga Juni. Habislah sudah cerita perjalanan aku menikmati salju pertama kalinya di dalam hidupku. Nah sekarang percaya kan kalo India punya salju yang keceh badaiā€¦

Ayo kakak, angkat saja ranselmu ke India bagian utara!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *