PPI Brief no. 8 / 2019: Building a Better Response towards Natural Disasters’ Resilience: A Social Protection Policy Approach

  •   
  •   

Pusat Kajian dan Gerakan PPI Dunia menerbitkan PPI Brief No. 8, edisi Mei 2019. PPI Brief ini ditulis oleh Naimah Talib, yang baru saja menyelesaikan studi masternya di bidang kebijakan publik, di Australian National University (ANU). Brief yang disajikan dalam Bahasa Inggris ini berisi analisis tentang kebijakan perlindungan pemerintah pada para korban dan warga yang terkena dampak bencana alam. Khususnya, bagaimana kesiapan (resilience) pemerintah dalam merespon dampak negatif sosial-ekonomi dari sebuah bencana alam.

Menurut Naimah, selain respon-respon sporadik yang selama ini menjadi hal yang lazim, pemerintah seharusnya membuat institusi khusus untuk bantuan finansial penanganan bencana sebagai jaring pengaman (safety net) dalam situasi genting sehingga Indonesia tidak bergantung pada bantuan luar negeri dan penggalangan dana yang sifatnya sukarela dan memakan waktu. Untuk jangka panjang, pemerintah seharusnya tidak hanya berfokus pada rehabilitasi fisik infrastruktur tapi juga pemulihan kualitas hidup sumber daya manusia (SDM) dan kualitas pelayanan institusi-institusi pemerintah.

Lebih lanjut, penulis, yang saat ini bekerja sebagi peneliti tentang kemiskinan dan kebijakan sosial di Children’s Policy Centre ANU ini, percaya bahwa setidaknya ada tiga prinsip yang harus dikedepankan dalam memberikan bantuan selama dna setelah waktu genting kejadian bencana. Pertama, menjaga kehormatan dan marwah korban. Kedua, mempromosikan solusi yang mengaktivasi pelibatan komunitas yang terkena dampak. Terakhir, memperhatikan hal-hal sensitif terkait aspek gender, etnisitas, agama dan kepercayaan, umur, serta tipikal kondisi geografis setempat.

Naimah Talib

Policy-Briefs-8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *