Buku Saku untuk UMKM “17 Hal yang Sering Ditanyakan Pengusaha UMKM Muda”

  •   
  •   

Buku Saku untuk UMKM “17 Hal yang Sering Ditanyakan Pengusaha UMKM Muda” mengupas problematika pengusaha UMKM muda dalam menjalankan bisnis dan memberikan solusi atas problematika tersebut dari tiga aspek fundamental dalam bisnis: Pemasaran, Manajemen, dan Akuntansi.

Menurut data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia, terdapat 59,2 juta UMKM di Indonesia pada tahun 2017. Jumlah ini diperkirakan meningkat menjadi 60,6 juta pada tahun 2019. UMKM berperan signifikan terhadap perekonomian dengan menyumbang 60.34% dari total Produk Domestik Bruto (PDB) dan menyerap 97% tenaga kerja di Indonesia. Jika melihat statistik total jumlah pengusaha di Indonesia, diperoleh data bahwa 99%-nya merupakan UMKM. Dengan bonus demografi yang sedang dan akan Indonesia nikmati, di mana terjadi peningkatan usia kerja produktif dalam rentang umur 15 hingga 64, keterlibatan generasi muda dalam UMKM menjadi lebih besar pada masa-masa mendatang.

Namun demikian, hari ini masih banyak UMKM yang mengalami berbagai kesulitan dalam melakukan pengelolaan bisnis yang baik. Kemampuan dalam mengoperasikan platform digital informasi dan teknologi menjadi hal mutlak untuk mendukung efisiensi proses bisnis, khususnya di bidang Pemasaran, Manajemen, dan Akuntansi. Peran pemerintah melalui pemberian asistensi kepada pengusaha UMKM baik berupa materiil maupun pelatihan perlu untuk didukung oleh berbagai pihak atau stakeholders agar menghasilkan outcome yang lebih maksimal.

Oleh karena itu, sebagai organisasi pelajar Indonesia terbesar di luar negeri, Perhimpunan Pelajar Indonesia se-Dunia (PPI Dunia) melalui Komisi Ekonomi menyusun buku ini sebagai bentuk kontribusi kami dalam mendukung pengembangan UMKM di Indonesia. Buku ini disampaikan dengan gaya bahasa sharing pengalaman dari tokoh fiktif Pak Eko dan Bu Nomi, agar lebih mudah dipahami. Kami juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Republik Akuntasi yang membantu kami dalam proses distribusi buku ini kepada teman-teman pengusaha UMKM di Indonesia.

Akhir kata, kami berharap buku ini dapat bermanfaat bagi pengusaha UMKM muda untuk mengembangkan bisnisnya secara mandiri, berkesinambungan, dan berdaya saing di era digital sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan dan perekenomian Indonesia.

Salam Perhimpunan!

Tim Penulis

Komisi Ekonomi PPI Dunia

Buku-Saku-UMKM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *