Bank Dunia – IMF Adakan Pertemuan Tahunan di Amerika Serikat

Pertemuan tahunan International Monetary Fund dan Bank Dunia (World Bank) atau IMF-WB Annual Summit 2017 telah dilaksanakan pada tanggal 10 Oktober 2017 sampai 15 Oktober 2017 waktu setempat di Washington DC, Amerika Serikat. Peretmuan ini membahas beberapa isu yang berkaitan dengan perekonomian dunia, perkembangan teknologi, dan pembangunan berkelanjutan.

Pertemuan ini tentunya akan dihadiri oleh berbagai tokoh dunia, pejabat penting, pimpinan perusahaan serta akademisi dari seluruh dunia. Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani yang juga merupakan mantan Managing Director di Bank Dunia akan bertindak sebagai pengisi materi di beberapa panel diskusi.

Beberapa sesi yang diisi Sri Mulyani antara lain mengenai tema perkembangan ekonomi berkelanjutan, salah satunya bagaimana meningkatnya jumlah masyarakat kelas menengah di kawasan Asia Timur.  Selain itu, hadir beberapa menteri Republik Indonesia lainnya seperti Menteri BAPPENAS Bambang Brojonegoro yang akan menjadi pembicara di salah satu sesi diskusi dengan tema “Harnessing the Power of the Private Sector in Support of Sustainable Development” bersama dengan beberapa tokoh lainnya seperti World Bank senior vice president and director general, internal evaluation group Caroline Hieder, Susan Lund dari McKinsey Global Institute, Managing director The Abraaj Group, serta berbagai pembicara lainnya.

Tidak kurang dari 4000 delegasi dari seluruh dunia, 650 pengamat dari perwakilan organisasi, 900 jurnalis, dan 550 masyarakat umum yang terdiri dari berbagai lembaga dan akademisi akan meramaikan perhelatan akbar tahunan ini. Perwakilan Indonesia akan dihadiri beberapa delegasi dari kementerian keuangan dan beberapa mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di Washington DC, Amerika Serikat.

Saya sebagai mahasiswa Indonesia yang sedang berkuliah di Amerika Serikat merasakan pertemuan kali ini merupakan salah satu ajang bagi Indonesia untuk lebih memperkenalkan keunikan dan kearifan Indonesia melalui pariwisata, kebudayaan dan kuliner. Juga, Ibu Sri Mulyani, salah satu tokoh penting di kalangan Bank Dunia berperan membuat Indonesia dipandang dengan terhormat.

Mahasiswa Indonesia asal Lampung juga mendapatkan kesempatan magang di Bank Dunia dan merasa sangat bangga bisa mendapatkan kesempatan belajar melalui program beasiswa LPDP. Menurutnya, hal ini sangat penting, mengingat Indonesia telah memproyeksikan peningkatan jumlah wisatawan asing untuk beberapa tahun kedepan, sesuai yang telah direncanakan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

 

Tahun 2018, Indonesia Menjadi Tuan Rumah

Acara yang berlangsung selama seminggu ini terdiri dari berbagai program pertemuan tingkat tinggi dari perwakilan negara seperti G-20, G-24, Commonwealth, BRICS, diskusi panel, seminar, pertunjukan budaya, dan pameran. Pertemuan tingkat tinggi ini juga akan menjadi salah satu ajang Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pariwisata untuk mempromosikan pariwisata dan kebudayaan Indonesia.

Kementerian Pariwisata juga turut serta dalam acara ini dengan membuka booth promosi pariwisata Indonesia dan juga sesi khusus pengenalan kuliner Indonesia. Pertemuan ini dimeriahkan oleh penampilan angklung pada pertunjukan kebudayaan Indonesia pada hari Jumat, 13 Oktober 2017. Hal ini tentu saja sangat luar biasa mengingat angklung merupakan warisan kebudayaan Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO.

Kementerian Pariwisata dalam hal ini berkerja sama dengan Kedutaan Republik Indonesia di Washington DC baru saja meresmikan bus wisata dengan atribut Wonderful Indonesia serta beberapa display di tempat-tempat umum. Hal ini tentunya bertujuan untuk mempromosikan pariwisata Indonesia di kancah Internasional, mengingat Indonesia akan bertindak sebagai tuan rumah pada pertemuan Bank Dunia-IMF tahun depan di Pulau Dewata, Bali.

Penulis:

Ahmad Novindri Aji Sukma (Litigation Intern INT- Worldbank, Vice President of Permias DC 2016-2017, Mahasiswa Georgetown University Law Center)
Editor: Altifani Rizky Hayyu

Share on LinkedInShare on FacebookEmail this to someoneTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: