Kabar Gembira: PPI Tiongkok Terbitkan Buku Panduan Kuliah di China

Untuk menjawab kegelisahan teman-teman pelajar Indonesia baik yang baru datang ke Tiongkok maupun yang baru akan memulai kuliah di Tiongkok, Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Tiongkok melalui Departemen Pendidikan dan Pengembangan Organisasi menerbitkan buku Panduan Kuliah di China. Hal ini untuk memudahkan mahasiswa baru untuk kuliah dan bertahan hidup di negeri Tirai Bambu ini.

Buku dengan 137 halaman ini berisi mengenai sistem pendidikan Tiongkok, tips dan trik kuliah di Tiongkok, daftar universitas di Tiongkok dan lain sebagainya. Nurul Juliati, koordinator penulisan buku, menyampaikan bahwa buku ini akan bermanfaat bagi mereka yang kuliah di Tiongkok maupun yang baru berencana untuk kuliah di Tiongkok. Buku ini dilengkapi juga dengan bagaimana kiat mendaftar beasiswa di Tiongkok.

Fadlan Muzakki, koordinator Tim Editor sekaligus Ketua Departemen Pendidikan dan Pengembangan Organisasi PPI Tiongkok menyampaikan bahwa semoga dengan adanya buku ini dapat menjadi jembatan bagi para mahasiswa baru dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia di Tiongkok. Walaupun agak telat diterbitkan, namun diharapkan mahasiswa baru dapat merasakan kehadiran PPI Tiongkok saat mereka tiba di kampusnya, ungkap pria yang sedang menempuh S2 di Zhejiang University ini.

Ketua Umum PPI Tiongkok, Raynaldo Aprilio mengapresiasi penerbitan buku ini. Ray menyatakan bahwa walaupun masih banyak kekurangan dalam buku tersebut, tetapi hal ini sebagai sebuah terobosan yang akseleratif bagi organisasi PPIT, sehingga kita dapat menyamakan posisi kita dengan PPI negara lain yang juga telah menerbitkan buku panduan.

Buku panduan tersebut dapat diunduh melalui link sebagai berikut: Buku Panduan Kuliah di China

Bravo Pelajar Indonesia…

Penulis : Fadlan Muzakki (Koordinator Pengurus Pusat PPI Tiongkok )

 

(dok.PPID/nurjaeni)

Share on LinkedInShare on FacebookEmail this to someoneTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: