Cerita Singkat Kegiatan HUACCEEX 2016

HUACCEEX (欢迎参加出国留学生 pinyin; huanying canjia chuguo liuxuesheng) telah selesai dilaksanakan, bertempat di kota Wuxi, pada tanggal 28-30 Oktober 2016. HUACCEEX merupakan kegiatan yang dirintis oleh Perhimpunan Pelajar Indonesia Tiongkok (PPIT) Wuxi, dengan sasaran mahasiswa baru yang datang ke kota Wuxi, provinsi Jiangsu, Tiongkok. Ingin tahu bagaimana keseruannya? Yuk, sama-sama kita simak artikelnya berikut ini.

Tujuan penyelenggaraan kegiatan ini adalah sebagai bentuk sambutan terhadap mahasiswa baru di kota Wuxi, sebagai sarana menjalin silaturahmi antarsesama mahasiswa, memperkenalkan kota Wuxi, dan memperkenalkan PPI. Peserta yang mengikuti acara ini berjumlah sekitar 31 peserta yang datang dari berbagai provinsi/kota di Indonesia, antara lain Papua, Nunukan, Pasuruan, Malang, Banjarmasin, Bandung, dan lain-lain.

Mahasiswa Serui, Papua.
Mahasiswa Serui, Papua.

Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari, dimulai dengan acara pembukaan yang diselenggarakan pada tanggal 28 Oktober dan bertepatan dengan Hari Peringatan Sumpah Pemuda. Acara pembukaan dihadiri oleh seluruh peserta, dan pengurus PPIT Wuxi, turut pula hadir dosen pembina mahasisiwa asing, serta pelajar dari negara Laos. Acara pembukaan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan sambutan dari ketua panitia, dan sambutan ketua PPIT Wuxi, kemudian terdapat sesi penayangan video kegiatan mahasiswa Indonesia di kota Wuxi, dan tak lupa pula para peserta dan pengurus yang hadir bersama-sama membacakan naskah sumpah pemuda, lalu acara ditutup dengan hiburan, yakni persembahan tari tradisional dari Papua yang dibawakan oleh para peserta.

Keesokan harinya, kegiatan diawali dengan sarapan bersama yang kemudian dilanjutkan dengan sesi penyampaian materi, yaitu bimbingan karakter dan kebudayaan. Setelah penyampaian materi, peserta kemudian diajak oleh pembina dan panitia untuk melaksanakan kegiatan berikutnya, yakni city tour, pada kesempatan kali ini peserta akan diajak mengunjungi berbagai tempat wisata dan tempat menarik di kota Wuxi. Untuk menambah antusiasme peserta selama tur, para peserta diberikan game dan juga misi yang harus mereka selesaikan, di mana kala itu Wuxi juga sedang diguyur hujan gerimis dan suhu udara yang cukup dingin, namun euphoria para peserta begitu besar, hal ini terlihat dari masing-masing kelompok yang begitu aktif dan kompetitif dalam menyelesaikan setiap misi yang diberikan oleh penitia.

Setelah kegiatan city tour berakhir, rangkaian kegiatan pada hari kedua ditutup dengan acara bakti sosial ke tempat ibadah di kota Wuxi, yaitu masjid dan gereja. Pada kesempatan kali ini para peserta memberikan Al Qur’an dan Al Kitab kepada pengurus masing-masing tempat ibadah.

Hari ketiga merupakan hari penutupan kegiatan, yang diawali dengan senam pagi dan sarapan bersama, lalu dilanjutkan dengan kegiatan outbond kemudian disambung pemberian hadiah oleh panitia kepada kelompok terbaik.

Demikianlah cerita singkat mengenai kegiatan HUACCEEX yang diselenggarakan oleh PPIT Wuxi pada tahun ini. Segala pengalaman dan euphoria selama kegiatan berusaha kami tuangkan dalam selembar kertas, serta kami selaku panitia berharap kegiatan ini ke depannya akan dapat berjalan dengan lebih baik lagi dan tentunya dapat membawa dampak positif kepada berbagai pihak, akhir kata kami ucapkan sekian dan terima kasih.

HUACCEEX, terbang tinggi menginspirasi.

 

(Adam Suchi Hafizullah/F)

 

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: