Diplomatic Forum dan Pertemuan PPI Dunia dengan RRI

Liputan Jakarta, Perwakilan Perhimpunan Pelajar Indonesia se-Dunia (PPI Dunia) berpartisipasi dalam Diplomatic Forum: The Role of Media in Creating Peaceful World (Peran Media Menciptakan Dunia yang Damai) yang diadakan oleh Radio Republic Indonesia (RRI) World Service of Indonesia pada tanggal 7 September 2016. Acara yang membahas isu internasional tersebut bertempat di salah satu ruangan gedung RRI Jakarta, yaitu di Auditorium Yusuf Ronodipuro LPP RRI.

Perwakilan PPI Dunia yang turut hadir adalah Intan Irani Puspita Santi yang merupakan koordinator PPI Dunia. Selain itu juga hadir perwakilan mahasiswa Indonesia yang belajar di luar negeri yaitu Muammar Kadafi dari Tunisia, Adam Dwi Baskoro dari Mesir, dan Imam Khairul Annas dari Saudi Arabia.

Talk Show berbahasa Inggris ini membahas mengenai banyaknya konflik di luar maupun dalam negeri dan melibatkan kalangan diplomat, pemerintah, lembaga masyarakat serta berbagai kalangan terkait. Berdasarkan laporan Indeks Perdamaian Dunia 2016, diketahui bahwa perdamaian dunia memburuk selama satu dekade belakangan. Penyebab utamanya ialah meningkatnya terorisme dan tingkat ketidakstabilan politik yang tinggi.

20160906_125714RRI World Service of Indonesia selaku lembaga penyiaran publik mengangkat tema bahwa peran media sangat penting dalam menciptakan perdamaian dunia. Kepala Stasiun Siaran Luar Negeri LPP RRI Eddy Sukmana menjelaskan bahwa menyuarakan perdamaian ke seluruh pelosok dunia merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan media penyiaran untuk menekan terjadinya konflik. “Media penyiaran juga bertanggung jawab untuk menjadi jembatan penengah dan mengakhiri konflik terjadi,” jelas Eddy Sukmana.

Acara yang berlangsung dari jam 11.00-13.30 WIB ini dihadir oleh pembicara dari berbagai kalangan khususnya diplomat dan penyiaran. Diantaranya Duta Besar Rusia untuk Indonesia Mikhail Galuzin, Pemred Harian Republika Irfan Junaidi, Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia Mayong Suryo Laksono, Ketua Federasi Jurnalis ASEAN Bob Iskandar.

Setelah acara selesai, perwakilan PPI Dunia melakukan pertemuan dengan pihak RRI. Selama ini PPI Dunia memiliki kerjasama dengan RRI di bidang siaran, yaitu siaran Youth Forum oleh RRI Voice of Indonesia dan siaran Kampung Halaman oleh RRI Pro3. Pertemuan kali ini membahas mengenai tema, teknis siaran, komunikasi, serta publikasi. “Kami harap RRI dapat menjadi wadah bagi PPI Dunia untuk memublikasikan kegiatan serta prestasi pelajar Indonesia yang berada di luar negara,” kata Intan. (Red, adam / Ed, pw)

FullSizeRender

Share on LinkedInShare on FacebookEmail this to someoneTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: