Diskusi Film Indonesia dengan RRI Voice of Indonesia

Film Indonesia telah menunjukkan kebangkitan dan pertumbuhan jumlah produksi yang menggembirakan. Dalam kesempatan ini, Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) menghadirkan, Antonius (PPI Singapura) dan Merry Ajeng (PPI Jerman), masing-masing dalam program RRI Voice of Indonesia Youth Forum dan Kami Yang Muda pada tanggal 27 Maret 2017 masing-masing pada pukul 10.30 WIB dan 11.30 WIB.

Dalam program Youth Forum, Antonius mengatakan, “film Indonesia akhir-akhir ini sudah mulai berkembang, khususnya pada film laga yang bahkan diterima di mata internasional. Kelebihan dari Film Indonesia adalah pembuat film dapat mengenalkan budaya Indonesia yang kental dan kesan moral yang ditonjolkan. Tetap perlu ada perkembangan kualitas teknik penggarapan film dan kualitas akting. Sebagai penonton Indonesia, juga perlu lebih menghargai karya film dalam negeri yang disajikan.”

“Kebijakan sensor film seperti sensor kekerasan sebenarnya masih kontroversial. Penonton perlu mengerti mengenai perkembangan film bahkan anak-anak, di sinilah peran orang tua penting dalam membuat anak-anak mengerti makna dari tontonan yang disajikan,” lanjut mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di Singapura tersebut.

Dalam program Kami Yang Muda, Merry berkata bahwa, “salah satu film Indonesia, The Raid, telah berhasil menjadi pembuka infiltrasi film Indonesia ke dunia internasional. Di Jerman, ada setidaknya 2 film Indonesia yang ditayangkan setiap tahunnya.”

“Dukungan pemerintah terhadap film Indonesia sudah sangat baik dengan hadirnya beberapa tokoh politik dalam premier beberapa film di Indonesia. Untuk para pemuda diharapkan ke depannya lebih berani mengeksplor keindahan alam Indonesia dalam film,” ujar mahasiswi yang sedang menempuh pendidikan di Jerman tersebut.

Menurut Antonius dan Merry, harapan ke depan adalah Indonesia dapat lebih meningkatkan kualitas film yang disajikan, baik itu film layar lebar, sinetron, atau film pendek. Insan perfilman Indonesia diharapkan lebih berani dengan kreativitas mereka untuk membuat gebrakan baru dalam dunia film. Untuk para penonton, diharapkan lebih menghargai dan mencintai hasil karya film orisinal, terutama film dalam negeri. Maju terus perfilman Indonesia!

 

(Red CA, Ed F)

Share on LinkedInShare on FacebookEmail this to someoneTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: