Diskusi Hari Penyiaran Nasional dengan RRI Voice of Indonesia

Dengan banyaknya media penyiaran yang tersebar di seluruh Indonesia, perlu sudut pandang kritis dari para pendengar untuk menyaring informasi yang dipaparkan. Dalam kesempatan ini, Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) menghadirkan, Nadhira Zhafirany (Koordinator Biro Pers PPI Dunia 2016/2017) dan Aprilia Sasmar Putri (Radio PPI Dunia), masing-masing dalam program RRI Voice of Indonesia Youth Forum dan Kami Yang Muda pada tanggal 3 April 2017 masing-masing pada pukul 10.30 WIB dan 11.30 WIB.

Dalam program Youth Forum, Nadhira  mengatakan, “berbagai media penyiaran tersebar di Indonesia seperti televisi, radio, dan bahkan internet untuk memperoleh berita dengan tercepat. Media Indonesia sedang dalam perkembangan pesat dengan beragamnya berita yang disajikan menuju ke arah yang positif.”

“Media diharapkan lebih teliti dan netral dalam menyajikan seluruh informasi yang diterima, dengan mengesampingkan berita yang tidak benar atau hoax. Penerima berita sendiri juga harus lebih kritis dalam menanggapi berita yang masuk dengan banyaknya media yang menyiarkan berita,” lanjut mahasiswi yang sedang menempuh pendidikan di Belgia tersebut.

Dalam program Kami Yang Muda, April berkata bahwa, “radio lebih bersifat auditori dan televisi bersifat visual. Yang paling menarik adalah internet, seperti menggabungkan media visual dan auditori. Di Indonesia, konten sudah bervariasi hanya saja perlu pembenahan beberapa konten agar tidak terlalu bersifat marketing atau pro ke satu sisi.”

“Pendengar harus bersifat proaktif dan memberikan kritik atau saran bila ada siaran yang perlu pembenahan. Penyiar juga diharapkan menganalisis secara cermat dan menyajikan konten dengan tepat,”ujar mahasiswi yang sedang menempuh pendidikan di Belanda tersebut.

Menurut Nadhira dan April, harapan ke depan adalah media lebih positif dan netral dalam menyajikan berita. Tidak lupa apresiasi juga kepada para wartawan atau tim penyiaran yang telah memberikan penyajian berita yang berkualitas. Tetap maju media penyiaran Indonesia!

 

(Red CA, Ed F)

Share on LinkedInShare on FacebookEmail this to someoneTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: