Diskusi Santai Pengurus PPIT Harbin dengan Dubes RI untuk China

Liputan Harbin – Disela kegiatan PPIT Harbin yang cukup padat, beberapa waktu yang lalu, bertempat di Hotel Kempinski, Kota Harbin, Provinsi Heilongjiang, China, PPIT Harbin menggelar diskusi bersama dengan Soegeng Rahardjo, Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Republik Rakyat China dan merangkap Mongolia.

Diskusi terbatas ini dibuka dengan sambutan dari Soegeng. Ia tampak ramah dan bersahabat serta aktif berkomunikasi dengan mahasiwa/i Indonesia yang tergabung dalam Perhimpunan Pelajar Indonesia di Harbin, Tiongkok (PPIT Harbin). Percakapan yang dibahas pada kesempatan tersebut, antara lain pentingnya pelajar Indonesia untuk menuntut ilmu dan pendidikan setinggi-tingginya di Negeri Tirai Bambu ini sebagai bentuk upaya bela negara.

Saat ini banyak perguruan tinggi di China yang sudah bertaraf dunia, seperti Tshinghua University, Fudan, Shanghai Jiaotong dan lain-lain. Sehingga mahasiswa Indonesia perlu memanfaatkan pendidikan di China dengan sebaik-baiknya guna memajukan tanah air di masa yang akan datang.

Ia juga menjelaskan, perwujudan bela negara sendiri bukan hanya terbatas dalam tugas baris-berbaris dan angkat senjata saja tapi juga termasuk dalam bentuk belajar serius, ikut serta dalam bidang kegiatan olahraga dan seni maupun menjaga nama baik bangsa di kancah internasional.

Acara makan siang bersama setelah diskusi PPIT dengan Dubes RI.

Soegeng menekankan peran penting belajar di luar negeri khususnya di China untuk mempelajari bahasa mandarin dan kebudayaan setempat yang kemudian dapat diterapkan secara langsung dalam segi kehidupan untuk memberikan kemanfaatan bagi masyarakat di Indonesia.

Sepeti yang kita ketahui, pelajar Indonesia yang berprestasi tinggi saat ini banyak yang memutuskan untuk menempuh pendidikan di luar negeri . Sayangnya, mereka yang sudah memiliki pengetahuan yang tinggi banyak digunakan untuk kemajuan bangsa lain daripada memajukan tanah air sendiri.

“Mahasiswa Indonesia selayakanya selalu memberikan kontribusi bagi pembangunan bangsa dan negara di manapun mereka berada, baik sedang sebagai mahasiswa maupun sudah berkarir di dunia internasional,” sambungnya.

Di sela-sela kegiatan tersebut, para perwakilan mahasiswa Harbin juga berkesempatan untuk makan siang bersama Dubes RI untuk China.

Adapun Perwakilan Mahasiswa yang hadir yaitu, Joshua Mulyanto (Ketua PPIT Harbin, Harbin Institute of Technology), Albert W (Mahasiswa Harbin Institute of Technology), Herline (Mahasiswa Harbin Institute of Technology), Gilbert  (Mahasiswa Harbin Institute of Technology), Nikodemus H  (Mahasiswa Harbin Institute of Technology), Filananda A. (Mahasiswa Harbin Institute of Technology), Kevin  (Mahasiswa Harbin Institute of Technology), M. Qodir  (Mahasiswa Harbin Normal University), Andi Syahputra  (Mahasiswa Harbin Northeast Forestry University), Annisa D  (Mahasiswa Harbin Engineering University), Putra Wanda (Mahasiswa Harbin University of Science and Technology)

(Red, Putra Wanda/Ed, F)

Share on LinkedInShare on FacebookEmail this to someoneTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: