Divisi Festival Luar Negeri (Felari)

Divisi Festival Luar Negeri (Felari) merupakan salah satu divisi yang menjadi bagian dari Badan Pengurus Harian PPI Dunia. Di sini, sahabat PPI Dunia akan mendapatkan tambahan wawasan mengenai kehidupan, organisasi dan informasi-informasi terkait para pelajar Indonesia di luar negeri, budaya, dan tentunya informasi seputar studi di luar negeri. Dalam menjalankan program-programnya, Tim Festival Luar Negeri PPI Dunia berkolaborasi dengan universitas-universitas serta lembaga lainnya di Indonesia untuk menyelenggarakan seminar pendidikan, pelatihan maupun expo seputar pendidikan di berbagai negara di Dunia. Beberapa program unggulan tim Felari pada periode ini adalah PPI Dunia Goes to Campuses, PPI Dunia Goes to School, One Week One Country, Database Info Beasiswa dan Grup Informasi Beasiswa.

Untuk memperluas sayap perjuangan memberi informasi ke seluruh negeri, Tim Felari dibagi ke dalam beberapa tim, diantaranya tim Kegiatan, Webinar, Partnership, Pendataan dan Grup Informasi beasiswa dengan beranggotakan para pelajar dari beberapa negara seperti Sudan, Turki, UAE, Saudi Arabia, Pakistan, Australia, Italia, India, Perancis, Korea Selatan, Jepang, Tiongkok, Mesir, dll.

Untuk berkomunikasi lebih lanjut, sahabat PPI Dunia bisa langsung berkomunikasi melalui instagram @felarippidunia maupun email felari@ppidunia.org

_____________

Dokumen Perihal Kerjasama dengan  Divisi Festival Luar Negeri (Felari) PPI Dunia 2018/2019 

Mengenal FELARI

Felari atau Festival Luar Negeri merupakan salah satu departemen yang dibentuk di PPI Dunia dengan tugas utama yakni bertanggung jawab terhadap terlaksananya Edufair PPI Dunia di kampus-kampus Indonesia. Felari juga bertanggung jawab terhadap penyediaan informasi beasiswa dari berbagai negara di dunia yang telah diverifikasi oleh mahasiswa-mahasiswa anggota PPI Dunia. Dalam melaksanakan tugasnya, Felari juga memiliki program kerja yang mendukung tugas utama yakni dengan pembuatan infografis, panduan studi dan beasiswa, juga diskusi terbuka untuk seluruh masyarakat Indonesia yang berencana melanjutkan study di luar negeri.

Mengapa Felari?

Felari bersifat non-profit dan non-politic serta menjadi platform bagi seluruh mahasiswa Indonesia yang berkuliah di luar negeri agar dapat berkontribusi secara langsung dengan menyalurkan informasi mengenai study dan beasiswa dari luar negeri.

Bentuk Kerjasama :

Felari membuka kesempatan seluas-luasnya kepada seluruh organisasi, kampus, maupun komunitas yang memiliki visi misi untuk menyebarkan informasi study dan beasiswa luar negeri serta bersifat non-profit dan non-politik. Bentuk kerjasama yang dapat dijalankan diantaranya:

  • Edufair

Edufair merupakan salah satu bentuk kegiatan dimana Felari akan menyediakan narasumber untuk mengisi booth informasi beasiswa / study di luar negeri.

  • Talkshow / Seminar / Webinar

Felari akan mengirimkan delegasi sesuai dengan kebutuhan dan kesepakatan dengan tim penyelengara. Dalam pelaksanaannya, tim Felari akan berkomunikasi secara intens dengan tim penyelenggara untuk menyamakan persepsi mengenai kebutuhan yang ada.

  • Online talkshow

Online talkshow dilaksankaan melalui media WhatsApp group, Line Group, maupu melalui platform lain yang disepakati

  • Bentuk Kegiatan Lain yang sesuai dengan kebutuhan dan kesepakatan.

Alur Kerjasama :

  1. Penyelenggara : Mengajukan kerjasama dengan Felari, kemuian mengisi google form di bit.ly/kerjabarengfelari
  2. Konfirmasi : Mengkonfirmasi data yang sudah di entry melalui email di partnership.felarippid@gmail.com. Pengajuan kerjasama minimal dilakukan 45 hari sebelum kegiatan di mulai.
  3. Kesepakatan :Felari akan memastikan seluruh dokumen yang diperlukan telah disediakan, kemudian akan mengkonfirmasi kesediaan tim untuk melaksanakan kegiatan. TIM felari akan menghubungi penyelenggara untuk memastikan kebutuhan teknis.
  4. Media dan Pelaporan : Setelah seluruh proses kerjasama telah disepakati, penyelenggara diwajibkan mencantumkan logo PPID dalam seluruh bentuk publikasi. Setelah kegiatan selesai, H+12 jam tim penyelenggara harus mengirimkan dokumentasi kegiatan H+3 setelah kegiatan dilaksanakan, penyelenggara wajib mengirimkan laporan singkat kegiatan dalam bentuk artikel singkat.

Persyaratan Kerjasama  :

  • 1. Fasilitas

Felari tidak memiliki anggaran dalam memberikan fasilitas kepada delegasi yang dikirimkan untuk itu seluruh kebutuhan delegasi dalam menghadiri kegiatan sepenuhnya menjadi tanggung jawab dari pihak penyelenggara. Fasilitas yang diberikan, diantaranya adalah akomodasi, transportasi, konsumsi dan pencetakan dokumen (jika diperlukan). Dalam hal ini, fasilitas yang diberikan dapat didiskusikan sesuai dengan kemampuan dari penyelenggara.

  • 2. Deadline pengajuan

Pengajuan kerjasama harus dikirimkan selambat-lambatnya 45 hari sebelum kegiatan dilaksanakan.

 

Peran Felari :

    • Mengirimkan delegasi untuk menjadi narasumber dalam kerjasama yang disepakati sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan

 

    • Membantu promosi kegiatan melalui platform yang sudah dimiliki oleh Felari

 

  • Membantu proses penyusunan rencana kegiatan jika diperlukan

 

Contact Person (Whatsapp only) :

Dania (+6285740199636)

Rian (+628112317891)

Email: partnership.felarippid@gmail.com

untuk PDF dapat dilihat/didownload  disini http://ppidunia.org/wp-content/uploads/2018/12/Dokumen-untuk-Kerjasama-dengan-Felari-PPID_KHA.pdf