Dua Pelajar Indonesia di Turki Telah Dibebaskan

Liputan Turki, kemarin sore (25/8) dua pelajar Indonesia YU dari Aceh dan DP dari Demak yang ditangkap dua pekan lalu (12/8) berhasil dibebaskan dan sampai di Wisma KBRI Ankara pada pukul 23.00 waktu Turki.

“Kita pantas bersyukur dan menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada pemerintah, terutama İbu Menlu yang sangat cepat merespon tiap laporan kita dan mengambil langkah-langkah membebaskan kedua mahasiswi kita. Termasuk menelpon Menlu Turki dan terus meminta akses kekonseleran,” sebut Azwir Nazar, Ketua PPI Turki.

Setiap Ketua PPI Turki tersebut menghubungi Ibu Retno, Menteri Luar Negeri RI, beliau selalu merespon dengan tindakan nyata. Peran Kemenlu di sini tidak hanya sebagai Direktur perlindungan WNI tetapi juga sebagai orang tua di KBRI/KJRI. Teman pelajar, alumni, orang tua dan semua pihak turut membantu proses ini.

Sejak awal mengetahui berita penangkapan YU dan DP, PPI Turki terus mendesak pemerintah untuk cepat menangani kedua pelajar. Selain itu juga membangun komunikasi dengan Pemerintah Pusat dan Daerah serta para pihak terkait, demi bergandengan tangan dalam mengusahakan langkah terbaik.

“Kita belajar dari kasus HL yang kini masih ditahan. Maka untuk YU dan DP kita minta Pemerintah lebih serius. Alhamdulillah hari ini sudah ada hasilnya,” tambah alumni Komunikasi Politik UI tersebut.

PPI Turki juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Turki yang telah membebaskan YU dan DP, dan berharap juga segera ada kabar baik terhadap HL yang ditangkap di kota Gaziantep, 3 Juni lalu .

“Terima kasih juga untuk teman media yang secara konsisten memberitakan dan bersama mengawal proses ini. Juga kepada publik yang bersimpati secara luar biasa. Mari terus kita kawal dan bekerjasama lebih baik. Supaya tantangan kedepan dapat kita hadapi bersama. Kita juga doakan Turki cepat pulih,” pungkas Azwir Nazar.

Sementara untuk membantu meringankan beban para pelajar yang bermasalah beasiswa di Turki, PPI Turki hari ini meluncurkan gerakan #DonaturAnakBangsa sebagai bentuk kepedulian bersama dengan mengajak semua pihak ikut berperan.

“Banyak generasi bangsa Pelajar Indonesia di Turki kini mengalami musibah dan ujian. Beasiswa mereka terputus, tapi tekad melanjutkan pendidikan mereka begitu besar. Mari ulurkan tangan kita meringankan beban mereka dengan menjadi Donatur Anak Bangsa.” tutur Azwir Nazar. (pw)

Sampaikan donasi Anda melalui BCA KCP Riau 0860561191 a.n Meida Adlina (Bendum PPI Turki).

Demikian pernyataan ini untuk menjawab berbagai pertanyaan teman media.
Terima Kasih.

Pengurus PPI Turki

Azwir Nazar (Ketua Umum)
+905535533814 (WA/+6282166319820

Ongky Duta Pratama (Sekretaris Umum)
+90 541 847 6254

#PPITurkiPeduli #DonaturAnakBangsa

Share on LinkedInShare on FacebookEmail this to someoneTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: