E-Book: Belajar untuk Indonesia

Salah satu tonggak sejarah pergerakan pelajar Indonesia di luar negeri dimulai pada tahun 1922, dimana mahasiswa Indonesia yang menuntut ilmu di Belanda mendirikan cikal bakal PPI Belanda. Mereka, tidak hanya belajar namun juga berkumpul, bersatu padu dan menuangkan pemikiran-pemikiran intelektual mereka demi perjuangan kemerdekaan pada masa itu. Fakta ini menunjukkan bahwa pelajar Indonesia di luar negeri telah ikut serta berkontribusi sejak awal perjuangan bangsa. Dan kini, terdapat puluhan ribu pelajar Indonesia tersebar di berbagai negara di seluruh dunia untuk menuntut ilmu, mulai dari tingkat sekolah menengah hingga post-doctoral.

Perhimpunan Pelajar Indonesia se-Dunia (PPI Dunia) sebagai wadah untuk mengakomodasi dan mengkoordinasikan seluruh potensi organisasi perhimpunan pelajar Indonesia di berbagai negara, bersama-sama berusaha untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk kemajuan dan mendukung pembangunan Indonesia yang berkelanjutan. Saat ini terdapat 46 PPI negara yang tersebar di tiga kawasan: Asia dan Oseania, Timur Tengah dan Afrika, serta Amerika dan Eropa.

Kompilasi tulisan “Belajar untuk Indonesia” ini merupakan sebuah upaya kontribusi nyata pelajar Indonesia di luar negeri dalam memberikan gambaran dan nilai-nilai positif di 17 Negara di tiga kawasan tersebut. Ide penulisan ini berawal dari pelaksanaan Simposium Internasional PPI Dunia 2014 pada pertengahan September yang lalu di Tokyo, Jepang.

Mengutip salah satu tulisan di dalam kompilasi ini; Indonesia bukanlah Tiongkok; Indonesia bukanlah Jepang; Indonesia tentu pula bukan Amerika Serikat ataupun Inggris. Namun, begitu banyak hal yang dapat dipelajari dari negara-negara tersebut yang bisa dijadikan pembelajaran untuk kita bersama dalam membangun, menata dan menjadikan Indonesia yang lebih baik. Semoga tulisan nilai-nilai positif ini dapat bermanfaat.

Mari, Belajar untuk Indonesia.

Wollongong, 11 November 2014

Koordinator PPI Dunia Periode 2014 – 2015

Ahmad Almaududy Amri

—————-

Klik gambar untuk mengunduh E-Book

cover buku

Share on LinkedInShare on FacebookEmail this to someoneTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: