Fakultas Syari’ah Universitas Islam Madinah Selenggarakan Tur Ke Kota Taif

Setiap semester, Fakultas Syari’ah Universitas Islam Madinah mengadakan tur ke berbagai tempat wisata yang berada di Arab Saudi. Pada semester ini, kota Taif menjadi destinasi wisata para mahasiswa yang mengikuti program ini.

Satu pekan sebelum acara, pihak Fakultas mengumumkan penyelenggarakaan tur melalui brosur yang ditempel di Fakultas serta melalui daring yang diunggah di akun medsos resmi Fakultas Syari’ah. Pendaftaran cukup melalui daring ataupun pesan singkat lewat ponsel. Tidak semua pendaftar dapat diakomodasi. Hanya 150 mahasiswa atau sekitar 3 bus saja yang dapat mengikuti tur ini.

Setelah nama-nama peserta diumumkan, pihak Fakultas memberikan pengumuman apa saja yang harus dibawa oleh peserta tur, antara lain pakaian musim dingin dikarenakan kota Taif terletak 1800 mdpl dan memiliki suhu yang dingin, peralatan renang dan uang sejumlah 50 Riyal Arab Saudi.

Hari Rabu, 18 Oktober 2017, pukul 11.00 Waktu Arab Saudi (WAS), rombongan tur bertolak dari Universitas Islam Madinah menuju ke kota Taif. Perjalanan memakan waktu sekitar 8 jam dengan istirahat, hingga sampai di kota Taif pukul 07.15 disaat adzan isya berkumandang. Para peserta tur istirahat di sebuah villa besar di Taif, dimana di villa tersebut terdapat kolam renang, lapangan futsal dan lapangan voli. Daging kambing menjadi hidangan makan malam para peserta tur.

Pada Kamis pagi tanggal 19 Oktober 2017, setelah salat subuh diselenggarakan olahraga bebas dan dilanjutkan dengan sarapan. Kemudian pembagian kelompok dilakukan untuk keperluan perlombaan futsal dan renang. Pukul 12.00 WAS peserta tur bergerak menuju ke taman untuk makan siang dan jamak salat zuhur dan ashar pada pukul 13.00 WAS, kemudian menuju telefric atau kereta gantung yang terletak di ketinggian.

Tiket wisata di Taif untuk semua wahana beserta akomodasi sebesar 499 Riyal, untuk kereta gantung dan wisata air saja harga tikernya 170 Riyal. Pihak fakultas memberikan subsidi sebesar 120 Riyal, dimana peserta tur hanya membayar 50 Riyal sebagaimana telah disampaikan sebelum berangkat ke Taif.

Perjalanan kereta gantung membutuhkan waktu selama 20 menit, dengan pemandangan pegunungan dan jalan yang berkelok-kelok. Stasiun kereta gantung yang menjadi tujuan akhir terletak di Taif Water Amusement Park, sebuah taman wisata air yang berada di pegunungan jalan raya Makkah-Taif.

Para peserta tur diperbolehkan untuk berenang di tempat wisata air ini sampai waktu maghrib. Bangunan yang ada di tempat ini terlihat seperti tembok-tembok zaman dahulu. Kontur tanah pegunungan yan ada menjadikan pemasangan dan pembangunan perosotan air lebih mudah dilakukan. Setelah maghrib, peserta tur melewati pertunjukan fauna seperti monyet, ular dan burung, serta terdapat para penjual cinderamata dan makanan khas Arab Saudi.

Pukul 19.00 WAS, peserta tur kembali naik kereta gantung dari stasiun yang ada di tempat wisata air menuju ke stasiun kereta gantung yang pertama. Jalur kereta gantung yang menanjak semakin keatas menjadikan perjalanan pulang lebih mengerikan daripada perjalanan di siang harinya. Dari stasiun tersebut, para peserta tur kembali ke villa.

Sesampai di villa, kami menjamak salat maghrib dan isya, dan setelah itu ternyata para peserta tur tidak langsung istirahat. Acara selanjutnya ialah perlombaan seperti hafalan Al-Qur’an dan permainan-permainan kecil, yang ditutup dengan pembagian hadiah pada pukul 00.30 WAS. Sejumlah hadiah yang disediakan diantaranya tas, sajadah, serta pulpen suvenir Fakultas Syari’ah. Setelah beristirahat hingga pagi hari, Jum’at pagi, 20 Oktober 2017 para peserta bertolak kembali ke kota Madinah.

Taif ini baru menjadi destinasi bagi tur Fakultas Syari’ah pada 3 tahun yang akan datang, karena di setiap semesternya tujuan wisata akan berpindah-pindah. Salah satunya ke pantai Yanbu di Provinsi Madinah dan pantai Umluj di Provinsi Tabuk.

Penulis: Imam Khairul Annas
Wawancara: Nurul Taufik, salah satu peserta tur Fakultas Syari’ah ke Taif tahun 2017
Editor: Altifani Rizky Hayyu

Share on LinkedInShare on FacebookEmail this to someoneTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: