Grace​ ​Hopper​ ​Celebration​:​ ​Merayakan​ ​Peran Perempuan​ ​di​ ​Bidang​ ​Teknologi

Pada awal bulan Oktober lalu, saya mendapat beasiswa untuk menghadiri salah satu acara teknologi terbesar di Amerika Serikat bernama Grace Hopper Celebration 2017 di Orange County Convention Center Orlando, Florida, Amerika Serikat. Acara tahunan selama tiga hari yang diambil dari nama ilmuwan komputer, admiral Grace Hopper ini diselenggarakan oleh yayasan AnitaB.org untuk merayakan peran perempuan di bidang teknologi dengan kegiatan konferensi untuk perempuan praktisi teknologi. Pada tahun ini, lebih dari 18.000 perempuan di bidang teknologi hadir dan menjadikan Grace Hopper Celebration sebagai konferensi terbesar di dunia untuk perempuan di bidang teknologi.

Pembukaan acara ini diisi oleh nama-nama besar di bidang teknologi informasi. Melinda Gates dari Bill & Melinda Gates foundation didaulat menjadi salah satu pembicara di mana beliau menceritakan pengalamannya sebagai perempuan di bidang teknologi dan harapan-harapan ke depan untuk generasi yang akan datang. Pembicara-pembicara lain yang hadir juga tidak kalah mumpuni dan terbagi menjadi bidang akademik: Dr. Feifei Li (Chief scientist Google AI dan juga profesor di Stanford University), Dr. Deborah Berebichez (ilmuwan dan juga pembawa acara di Discovery Channel), Dr. Ayanna Howard (ilmuwan robotika dari Georgia Institute of Technology), juga di bidang industri: Maureen Fan (CEO Baobab studios), Mary Spio (CEO Ceek VR Inc), dan Debbie Sterling (CEO GoldieBlox).

Selama tiga hari, pengunjung konferensi dapat mengikuti berbagai sesi dan workshop yang terbagi menjadi beberapa jalur. Di jalur karir, mentor-mentor yang sudah berpengalaman di bidangnya berbagai pengalaman untuk memulai karir bagi pelajar dan mengembangkan karir di berbagai bidang dan jenjang. Di jalur akademik dan industri terdapat topik-topik spesifik di bidang teknologi seperti kecerdasan buatan, data science, sistem komputer dan arsitektur, interaksi manusia komputer, and cyber security di mana praktisi dan profesional di bidang-bidang ini membagikan topik risetnya dan mengisi tanya jawab dengan peserta.

Di hall utama Orange County Convention Center, perusahaan-perusahaan teknologi besar dunia seperti Google, Facebook, dan Microsoft mengadakan pameran karir untuk para pengunjung. Lebih dari 100 perusahaan dari berbagai sektor yang bersentuhan dengan teknologi hadir di sini dan mengadakan wawancara dan juga perekrutan langsung. Selain perusahaan, juga terdapat beberapa universitas-universitas terkemuka di Amerika Serikat yang memberikan informasi tentang sekolah dan beasiswa. Di sini juga diadakan kompetisi poster dari ACM (Association Computing and Machinery) dimana pelajar dari seluruh dunia membagikan hasil penelitian yang sudah mereka kerjakan.

Menghadiri konferensi ini akan sangat membuka wawasan bagi para pelajar, terutama pelajar perempuan di bidang teknologi di mana kesempatan membangun jaringan pertemanan internasional dan bekerja / magang di perusahaan teknologi kelas dunia terbuka lebar. AnitaB.org memberikan kesempatan mendapatkan beasiswa untuk menghadiri konferensi ini setiap tahunnya untuk semua pelajar di seluruh dunia. Beasiswa yang diberikan mencakup tiket perjalanan, akomodasi, dan uang saku untuk menghadiri konferensi. Informasinya bisa diakses di situs https://ghc.anitab.org/

Penulis: Radita Liem – PPI Estonia

Editor: Altifani Rizky Hayyu

Share on LinkedInShare on FacebookEmail this to someoneTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: