Hari Raya Idul Adha di Luar Negeri

Hari Raya Idul Adha adalah hari raya yang diperingati oleh umat Islam sebagai hari di mana Nabi Ibrahim (Abraham) bersedia mengorbankan putranya, Ismail, sebagai bentuk ketaatan kepada Allah. Allah kemudian mengganti Ismail dengan domba. Hari raya ini biasanya diperingati dengan salat Ied bersama-sama di pagi hari dan diikuti dengan penyembelihan hewan kurban.

Mengangkat topik perayaan Hari Raya Idul Adha di luar negeri, diskusi dengan RRI kali ini menghadirkan 2 narasumber. Narasumber pertama adalah Sulistio Tri Lestari yang sedang menempuh studi di Estonia dan narasumber kedua adalah M Firousyurahman dari PPMI Pakistan.

Estonia adalah negara dengan umat muslim sebagai minoritas. Walaupun begitu, kegiatan ibadah tetap sangat diperhatikan. Mahasiswa muslim diberikan kesempatan untuk beribadah di sela-sela jadwal perkuliahan. Pada Hari Raya Idul Adha tahun ini pun kesempatan untuk melaksanakan ibadah tetap diperhatikan, meskipun tidak ada hari libur nasional khusus untuk memperingatinya. “Memang Hari Raya Idul Adha tidak dirayakan di Estonia. Namun, berkat adanya kebersamaan dengan teman-teman muslim dari Indonesia, kami dapat merayakan Idul Adha dengan rasa kebersamaan yang tinggi,” jelas Sulistio.

Berbeda dengan Estonia, Pakistan adalah negara dengan umat muslim terbanyak kedua di dunia setelah Indonesia. “Di Pakistan, Hari Raya Idul Adha lebih besar daripada Idul Fitri,” terang M Firosyurahman. Bahkan, hari libur pun diberikan selama beberapa hari, bersamaan dengan berjalannya puasa Arafah. Hal ini memberikan waktu bagi masyarakat Pakistan untuk berkumpul bersama keluarga. Sebagai seorang mahasiswa Indonesia yang sedang merantau, M. Firosy sendiri merayakan Idul Adha bersama pelajar Indonesia lainnya yang tergabung dalam himpunan PPMI Pakistan. Seperti di tanah air, setelah melaksanakan sholat Ied masyarakat Indonesia di Pakistan melakukan pemotongan hewan kurban, yang dagingnnya kemudian dimasak dan disantap bersama.

 

Share on LinkedInShare on FacebookEmail this to someoneTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: