Hasil Diskusi Kampung Halaman “Rahasia Sukses Masyarakat Tiongkok” bersama RRI PRO3

“Filosofi etnis Tionghoa. Yaitu loyalitas, cinta, dan kepatuhan. Serta mereka sudah biasa menempatkan diri pada suatu hubungan.” terang Bagus Ari Haryo Anugerah pada program siaran Kampung Halaman RRI PRO3, hari Minggu tanggal 02 Oktober 2016 lalu.

Siaran yang bertemakan “Rahasia Sukses Masyarakat Tiongkok” ini sangat berfokus pada titik kesuksesan masyarakat Tingkok. Terutama dalam sektor bisnis. Filosofi mereka tersebut bersimbolkan loyal, cinta bahkan patuh, menjadikan mereka pebisnis-pebisnis besar kelas dunia.

Juga mereka mampu mengatur hubungan komunikasi sebaik mungkin. Karena jaringan yang baik merupakan salah sebuah ciri kesuksesan. “Etnis Tiongkok sudah biasa menempatkan diri pada suatu hubungan. Jadi mereka bisa tahu kapan harus profesional, kapan harus bercanda, kapan harus turut kepada orang lain.” Papar mahasiswa Bachelor of Surgery di Capital Medical University, Beijing.

Selain itu, hebatnya lagi. Anak-anak di Tiongkok sudah berkontribusi bisnis bersama keluarganya. Gampangnya, disana telah tercipta ‘bisnis keluarga’. “Dalam berbisnis akan mengikut-sertakan keluarga. Misal pada suatu toko; anak jadi pelayan dan ibu jadi kasir. Pembelajaran bisnis ini bagi anak sangat efisien. Dan anak pasti akan paham.” Tambah pria yang sudah empat tahun lebih di China ini.

Luna selaku host siaran masih terus menarik pertanyaan mengapa mereka itu bisa sukses. Bagus pun menambahkan “Mereka itu taat dan patuh pada kegiatan sehari-hari. Mereka konsisten akan kegiatan tersebut.”

“Dari pekerjaan kecil yang konsisten akan melahirkan pekerjaan luar biasa.” Simpul Luna kepada Bagus dan iya pun mengiyakannya.

Lalu Bagus menambahkan lagi bahwa masyarakat Tiongkok memiliki semangat yang tinggi dalam berbisnis. “Mereka mau belajar pada siapapun. Dan tidak malu untuk bertanya mengetahui bisnisnya. Orang Tiongkok terkenal punya semangat dan optimis yang tinggi. Dan jangan heran di banyak wilayah di dunia ada orang tiongkoknya.” (red:adam/ed:AASN)

Share on LinkedInShare on FacebookEmail this to someoneTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: