Hasil Siaran RRI – Hari Dharma Samudera: Cintailah dan Lestarikanlah Sumber Daya Laut Indonesia

 

“Potensi laut Indonesia sangat besar jauh di luar yang diperkirakan. Pemerintah sudah terus mengupayakan pemanfaatan sekaligus pelestarian sumber daya laut dan perlu peran pemuda dalam lebih mendukung hal ini,” terang Aldy Muhammad Zulfikar dalam Siaran Kami Yang Muda RRI Voice of Indonesia pada hari Senin (16/01/17).

Penetapan Hari Dharma Samudera di Indonesia pada tanggal 15 Januari merupakan memorial pertempuran di Laut Aru melawan Belanda. Pada saat itu, dengan semangat “Kobarkan Semangat Pertempuran”, Yos Sudarso gugur bersama dua Kapten lain dalam perjuangan penyerahan Irian Barat kembali ke Indonesia.

“Peringatan Hari Dharma Samudera kurang diketahui, hanya diketahui oleh sedikit kalangan seperti TNI-AL. Perlu lagi dimasyarakatkan lagi mengenai peringatan hari yang bersejarah ini. Memorial hari ini penting dalam membangun patriotisme pemuda Indonesia. Tidak lupa pula penting apresiasi terhadap nelayan yang berkontribusi langsung dalam bidang kelautan,” ungkap Aldy, yang merupakan mahasiswa jurusan Hubungan Internasional dalam program beasiswa Erasmus.

“Pemuda Indonesia cukup baik dalam semangat nasionalisme dan keinginan untuk memajukan Indonesia melalui segi pendidikan dan teknologi. Terutama pelajar Indonesia di luar negeri, dengan perbedaan budaya di tempat mereka menempuh studi, tentu saja rasa kebangsaan dan jati diri akan lebih kental dengan tidak melupakan toleransi terhadap orang lain,” lanjut mahasiwa yang sedang menjalankan internsipnya di Polandia tersebut.

Harapan Aldy adalah masyarakat khususnya pemuda harus tetap menghargai hasil kekayaan laut Indonesia dibandingkan menggunakan produk luar negeri serta menjaga kelestarian dan keamanan kemaritiman. Lebih baik lagi, pada yang bergerak di bidang maritim, diharapkan kontribusi lebih dalam pengembangan teknologi kelautan.

Share on LinkedInShare on FacebookEmail this to someoneTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: