IATMI Talk: Perkembangan Teknologi Informasi di Era Modern

Sharing knowledge pada acara IATMI Talk ke-enam di penghujung tahun 2016 kali ini membahas berbagai isu menarik mengenai teknologi informasi yang berkembang di dunia perminyakan. Dua pembicara memberikan materi mengenai pengalaman meraka yang sudah lama melanglang buana di dunia teknologi informasi khususnya di industri minyak dan gas (migas).

Pembicara pertama adalah mahasiswa senior S2 jurusan Software Engineering di KFUPM. Ia membawakan materi mengenai tantangan dan kesempatan dalam pengembangan mobile apps di era modern. Persentasi berlangsung selama kurang lebih 20 menit, serta sesi tanya jawab selama 10 menit. Diskusi berlangsung sangat menarik, beberapa peserta tertarik dengan tema yang dibawakan oleh pemateri. Salah satunya adalah pertanyaan mengenai estimasi biaya untuk membuat suatu sistem yang berbasis teknologi informasi di suatu daerah yang masih minim sarana dan prasarana telekomunikasi di suatu wilayah terpencil.

“Untuk jumlah pastinya, saya tidak bisa mengkalkulasi secara tepat karena banyak sekali komponen yang harus dimasukkan pada saat mengkalkulasi biaya totalnya. Namun untuk detail pengeluaran dan cara instalasinya saya paham dengan baik karena pernah mendapatkan projek serupa sebelumnya,” kata Yusuf menanggapi pertanyaan dari rekannya sesama mahasiswa mengenai total estimation cost untuk suatu projek yang berbasis teknologi informasi.

Presentasi pertama disampaikan oleh Yusuf Mufti yang memaparkan mengenai mobile apps development.
Presentasi pertama disampaikan oleh Yusuf Mufti yang memaparkan mengenai mobile apps development.
Penyerahan memento kepada Yusuf Mufti oleh Ketua IATMI-KSA, Sonny Irvana.
Para peserta acara IATMI-Talk sedang memperhatikan pemaparan dari presenter pertama.
d
Penyerahan memento kepada Yusuf Mufti oleh Ketua IATMI-KSA, Sonny Irvana.

Pembicara kedua adalah manajer operasi dari Petrolink, Budhi Nugraha. Ia menyampaikan topik mengenai penggunaan sistem real time monitoring di mana saat ini perusahaan-perusahaan service di oil industry sedang berlomba-lomba mengembangkan teknologi ini.

Real time monitoring sendiri merupakan salah satu pengembangan teknologi informasi yang mengedepankan efisiensi serta efektivitas pada setiap prosesnya. Jarak, yang sebelumnya merupakan halangan utama antara para pegawai di lapangan atau kantor cabang dengan para pengambil keputusan perusahaan yang berada di kantor pusat menjadi kian mudah menyelesaikan permasalahan mengenai pengambilan keputusan yang dapat dilakukan secara cepat, efisien, dan tepat sesuai dengan kondisi yang terjadi di lapangan.

Foto bersama antara pembicara dengan para peserta IATMI Talk
Foto bersama antara pembicara dengan para peserta IATMI Talk.
Oki Muraza, salah satu dosen di KFUPM menyerahkan memento kepada pembicara kedua, Budhi.
Oki Muraza, salah satu dosen di KFUPM menyerahkan memento kepada pembicara kedua, Budhi.

“Dipenghujung acara, Budhi menyampaikan bahwa sebagai manusia, kita sudah seharusnya siap dengan segala kemajuan teknologi yang berkembang begitu cepat sekarang ini. Jangan malah susah untuk move on dari teknologi sebelumnya hanya karena sudah terlalu nyaman dengan teknologi yang sudah biasa kita pakai dan tidak mau belajar untuk sesuatu yang mungkin lebih baik ke depannya.”

 

(Imam Khairul Annas/Farhanah)

Share on LinkedInShare on FacebookEmail this to someoneTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: