#Indonesia Melawan Asap

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Selandia Baru, Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Wellington pada tanggal 6 Desember 2015 telah menyelenggarakan penggalangan dana (fund raising) dengan tema “We Share, We Care 2015, #Indonesia Melawan Asap”. Bertempat di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Wellington, penyelenggaraan penggalangan dana tersebut berlangsung cukup meriah dan mendapat dukungan dari masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di Wellington.

Rangkaian kegiatan penggalangan dana ini terdiri dari sambutan Bapak Dubes RI untuk Selandia Baru, theatrical performance dengan tema “Aku dan Asap”, flashmob dance dan pertunjukan musik. Selain itu juga food bazar yang menampilkan beberapa makanan khas Indonesia.

Bencana kabut asap sebagai akibat dari kebakaran hutan yang terjadi di beberapa provinsi di Indonesia pada tahun 2015 telah menarik perhatian banyak pihak, tidak terkecuali para pelajar Indonesia yang ada di Selandia Baru. Sebagai bagian dari masyarakat Indonesia, PPI Wellington menyelenggarakan penggalangan dana. “Kita merasa bagian dari Indonesia dan kita mempunyai tanggung jawab untuk membantu saudara-saudara kita. Oleh karena itu, kita menyelengarakan acara ini. Nanti seluruh uangnya ini akan kita sumbangkan ke PMI di Jakarta kemudian akan disalurkan untuk korban kebakaran hutan di Kalimantan dan Riau”, kata Ketua PPI Wellington, AKP Malvino Sitohang.

SL.Asap 2

Sedangkan menurut Ketua panitia penyelenggara acara ini, Putri Rukmanadi menyatakan sangat bersyukur bahwa penggalangan dana ini berlangsung cukup meriah dengan dukungan penuh dari masyarakat Indonesia di Wellington dan sekitarnya. Tantangan terbesar yang dihadapi dalam mempersiapkan acara ini adalah waktu persiapan yang cukup singkat. “Kami mempersiapkannya hanya sebentar, tidak memakan waktu yang lama”, ungkap Putri.

Ibu Didi, salah satu anggota Dharma Wanita KBRI Wellington mengungkapkan bahwa acara ini merupakan salah satu wujud kepedulian warga Indonesia yang ada di luar negeri untuk membantu korban kebakaran hutan di Indonesia. Ibu Didi juga menyampaikan apresiasi kepada PPI Wellington yang telah menginisiasi acara ini. Sebagai bentuk kepedulian bersama, ibu-ibu Dharma Wanita KBRI Wellington dan masyarakat Indonesia membuka food stall yang menyajikan makanan tradisional Indonesia seperti masakan padang. PPI Wellington juga turut berpartisipasi dengan menyajikan aneka makanan khas Indonesia seperti mie bakso, mie ayam, onde-onde, cup cake dan sayuran segar. Hasil penjualan makanan tersebut akan disumbangkan kepada korban kebakaran hutan di Sumatera dan Kalimantan.

 

398dede6-50a8-4d52-8f6a-4df6e628dc6b
Dubes RI untuk Selandia Baru, Bapak Jose Antonio Tavares
Suasana penggalangan dana

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pada kesempatan tersebut, hadir pula di tengah-tengah masyarakat Indonesia, Dubes RI untuk Selandia Baru, Bapak Jose Antonio Tavares. Menurut Bapak Dubes, kebakaran hutan yang terjadi di Indonesia bukan yang pertama kalinya terjadi. Beberapa tahun yang lalu juga telah terjadi kebakaran hutan. “Pertanyaannya adalah kenapa ini terjadi? Apakah terbakar sendiri? Terbakar sendiri tentu saja kewajiban kita adalah memadamkannya. Tetapi apabila sengaja dibakar, maka kewajiban kita adalah educate”, ungkap Bapak Dubes. Oleh karena itu, edukasi akan pentingnya hutan perlu dilakukan. Hal ini karena hutan merupakan bagian dari lingkungan hidup yang crucial untuk dilestarikan.

Bapak Dubes juga menyampaikan bahwa apabila melihat dari pengalaman pengelolaan hutan di Selandia Baru, negara ini juga pernah mengalami hal yang sama beberapa ratus tahun yang lalu. “Hutan di Selandia Baru hanya tinggal 20%, tapi mereka tidak ingin mengulangi kesalahan yang sama”, ungkap Bapak Dubes. Oleh karena itu Selandia Baru terus berupaya untuk merawat hutannya. Terkait dengan hal tersebut, sebagaimana telah disampaikan sebelumnya bahwa edukasi kepada semua pihak terkait pengelolaan hutan penting untuk dilakukan. (Red. Agung/Jatnika/Kodrad/Shaf Rijal)

Liputan acara bisa dilihat di sini.

 

Share on LinkedInShare on FacebookEmail this to someoneTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

You May Also Like

%d bloggers like this: