Indonesian Scholars Journal

isj_logo

Indonesian Scholars Journal (ISJ) adalah hasil kolaborasi antara perhimpunan pelajar Indonesia (PPI) di seluruh dunia. Gagasan mengenai ISJ pertama kali dicetuskan di rapat pleno PPI Dunia di Malaysia pada bulan Februari 2012. ISJ muncul sebagai sebuah gerakan untuk memperkuat lapangan pendidikan dan penelitian untuk pelajar Indonesia melalui publikasi online jurnal ilmiah. Jurnal ini diharapkan dapat secara komprehensif menggabungkan pengetahuan masyarakat Indonesia menjadi satu repositori penulisan ilmiah yang dapat diakses secara mudah oleh pembaca di seluruh dunia. Tujuan dari ISJ adalah untuk mendorong semangat pendidikan dan penelitian pelajar Indonesia dengan saling berbagi tulisan, ide dan pengetahuan. Dalam jangka panjang, ISJ bertujuan untuk menjadi referensi lembaga bereputasi tinggi, seperti Scopus dan ISI Web of Knowledge.

ISJ adalah kumpulan artikel ilmiah hasil karya para pelajar Indonesia yang dikumpulkan baik melalui

(1) Proses dari konferensi yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di setiap negara

(2) Panggilan untuk pengumpulan artikel ilmiah melalui sosial media maupun format publikasi lainnya.

ISJ mencakup semua bidang yang dipelajari oleh pelajar Indonesia dan ditulis secara eksklusif dalam bahasa Inggris. Panitia ISJ terdiri dari anggota PPI di seluruh dunia. Tim editor untuk semua artikel yang akan dipublikasikan dalam ISJ terdiri dari para ilmuwan Indonesia dari berbagai universitas di Indonesia serta luar negeri. Selain itu, ISJ juga didukung oleh Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional (I4), Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia (MITI), dan Radio PPI Dunia. Dalam waktu dekat ini, ISJ berencana untuk memperluas kemitraan dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Riset dan Teknologi, dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi.

 

logo_miti_smalllogo_radioppi_smalllogo_i4_small

Rekan-rekan dapat berpartisipasi dalam ISJ baik sebagai reviewer, penulis, anggota komite maupun sebagai pembaca. Untuk menjadi reviewer, pastikan rekan sekalian memiliki latar belakang akademis dan pengalaman yang cukup dalam proses penerbitan artikel ilmiah. Untuk menjadi penulis, rekan sekalian bisa mengirimkan artikel ilmiah melalui formulir pengajuan, dengan catatan bahwa artikel ilmiah tersebut sesuai dengan pedoman pengajuan. Bagi yang ingin menjadi anggota komite ISJ, silahkan memilih posisi yang tersedia dan mendaftar melalui formulir perekrutan. Formulir-formulir ini dapat diunduh melalui website ISJ. Sedangkan bagi yang tertarik untuk mengakses dan membaca artikel, silahkan mendaftar sebagai pengguna dengan cara membuat akun di website ISJ yang terlampir di bawah ini.

Untuk informasi lebih lanjut dan untuk mengakses ISJ, silahkan buka link ini: http://isjournal.org/index.php

Untuk mengakses buku panduan ISJ, silahkan buka link ini: http://issuu.com/info_isjournal/docs/buku_pintar_isj_ver_9/1?e=6928158/7092578

Untuk kabar harian mengenai ISJ, silahkan akses halaman Facebook kami: https://www.facebook.com/IndonesianScholarsJournal atau hubungi ISJ di alamat email ini info@isjournal.org

 

Leave a Reply